SEKILAS INFO
: - Kamis, 14-11-2019
  • 3 minggu yang lalu / Keluarga Besar MTsN 3 Yayasan PPBU Tambakberas menyampaikan duka cita yang mendalam atas wafatnya KH. M. Syamsul Huda As.SH.MHI, Kepala Madrasah periode I. Semoga seluruh jasa, pengabdian, dan amal ibadahnya diterima Allah SWT, diampuni dosanya, serta keluarga yang ditinggalkan diberikan ketabahan.

SEKILAS ADIWIYATA

MTsN 3 Jombang terletak di JL. KH. Abd. Wahab Chasbulloh III Desa Tambakrejo Kec. Jombang Kab. Jombang. MTsN 3 Jombang berada di bawah naungan Yayasan Pondok Pesantren Bahrul ‘Ulum Tambakberas Jombang. MTsN 3 Jombang berdiri diatas tanah seluas 9465 m2 ± 2 hektar bestessayes com http://www.10pagepapers.com
Adiwiyata adalah sekolah peduli dan berbudaya lingkungan, Sehingga dalam adiwiyata diperlukan perubahan pola pikir, perilaku dalam aktivitas sehari-hari, hidup hemat, cinta puspa, cinta satwa dan ramah lingkungan. Dalam adiwiyata dibutuhkan pembiasaan dan kebersamaan. bestessayes com http://www.10pagepapers.com

KOMPONEN DAN STANDAR ADIWIYATA

  1. Kebijakan berwawasan lingkungan
  2. Pelaksanaan kurikulum berbasis lingkungan
  3. Kegiatan lingkungan berbasis partisipatif
  4. Pengelolaan sarana pendukung ramah lingkungan

 

 Dalam adiwiyata ada 5 isu lingkungan:

  1. Sampah
  2. Energi
  3. Air
  4. Makanan dan Kantin Sekolah
  5. Keanekaragaman hayati

 

TIM ADIWIYATA MTsN 3 JOMBANG

Tim Adiwiyata di madrasah ini terdapat beberapa Kelompok kerja (POKJA).

  1. Pokja Tanaman Obat Keluarga (TOGA)

Ada 52 jenis toga yang ada di MTsN 3 Jombang Sedangkan jumlah keseluruhan toga ada 560 tanaman

  1. Pokja Kebu

Di Madrasah kami ada ±150 jenis tanaman dengan jumlah keseluruhan ada ± 3000 tumbuhan. Ada tanaman hias (palem, soka, tri colour, puring, anggrek dll), tanaman buah (berbagai tanaman jeruk, belimbing, kedondong, mangga dll), tanaman sayur (terong, cabe, tomat, kangkung dll) dan juga terdapat beberapa tanaman langka (buah tin, mundu, delima hitam, duku, jambu wulung,  pohon kelapa, bunga cempaka dll).

 3. Pokja Pembibitan

Pokja ini, melakukan pembibitan berbagai tanaman untuk ditanam di madrasah ataupun digunakan sebagai souvenir untuk tamu. Pembibitan bisa dilakukan dengan menggunakan polybag, plastik bekas refill, plastik bekas air mineral dll.

 4. Pokja Green House

Melakukan perawatan tanaman di dalam green house dan menjadikan green house sebagai sarana pembelajaran dan penelitian peserta didik serta. Tanaman-tanaman yang sakit akan di rawat di green house. Jika sudah sehat, akan dikembalikan ke tempat semula.

 5. Pokja Hutan

Melakukan pengelolaan hutan madrasah bekerja sama dengan Pondok Pesantren Bahrul ’Ulum Ribath Al-Maliki selaku pemilik hutan jati. Dalam mengelola hutan madrasah sebagai bentuk pemanfaatan hutan dibuat tumpang sari dengan empon-empon, umbi-umbian dan budidaya lebah madu. Untuk budidaya lebah madu ini madrasah bekerja sama dengan salah satu wali santri yang kebetulan peternak lebah madu. Budidaya lebah madu ini sangat memungkinkan dilakukan karena banyaknya bunga yang terdapat di madrasah sebagai sumber makanan lebah.

 6. Pokja Satwa

Memelihara beberapa satwa (aneka burung antara lain: Puter Bali, Puter Geni, Puter Putih, Parkit, Derkuku Kutilang, Trucuan Alas, Merpati , ayam antara lain: ayam mutiara dan ayam kate kelinci dan kura-kura) dan mengembangbiakkannya. Jumlah satwa yang ada di madrasah sebanyak 82 ekor.

 7. Pokja Jamu

Karena di MTsN 3 Jombang terdapat banyak tanaman toga, sebagai salah satu bentuk pemanfaatannya,adalah dibuat berbagai macam jamu oleh pokja jamu. Ada jamu kunir asem dan jahe instan yang diproduksi di ruang kuliner. Dan ini merupakan salah satu produksi andalan MTsN 3 Jombang

 8.  Pokja Kuliner

Kebun MTsN 3 Jombang menghasilkan berbagai bahan yang dapat dimanfaatkan untuk bahan baku pembuatan makanan, minuman dan jajanan. Pokja kuliner akan mengolah berbagai hasil kebun menjadi makanan, minuman dan jajanan yang sangat variatif dan sehat. Kuliner MTsN 3 Jombang  juga sudah pernah diliput oleh Trans 7 dalam acara Koki cilik Trans 7 pada Agustus 2012.

 9. Pokja Daur Ulang Kertas dan Pokja Dauar Ulang Plastik

Melakukan usaha 3R

  • Reuse adalah menggunakan kembali sampah yang masih dapat digunakan untuk fungsi yang sama atau fungsi lainnya.

Misalnya : botol bekas sirup dapat digunakan kembali sebagai tempat jamu

  • Reduse adalah mengurangi yang mengakibatkan sampah

Misalnya: mengurangi pemakaian plastik kemasan dengan bungkus yang ramah lingkungan, menggunakan air galon sebagai Pokja UKS

Melayani warga madrasah yang kurang sehat (sakit). Selain itu juga memberikan edukasi untuk hidup sehat dengan selalu menjaga kebersihan dan kesehatan.

 10. Pokja Musholla

Melakukan pembinaan akhlaq dan mental peserta didik melalui kegiatan keagamaan dan pengajian yang mengarah pada akhlaq manusia kepada alam dan ciptaan Alloh.

 11. Pokja Patroli Irigasi

Bertugas memantau kondisi air di kamar mandi, selokan maupun sumur resapan yang ada di madrasah. Kemudian melakukan kajian jika ditemukan masalah atau hal-hal yang memerlukan kajian.

 12. Pokja Lingungan

Bertugas untuk patroli lingkungan, memantau kondisi lingkungan madrasah dan sekitarnya. Mulai dari kebersihan dan keindahannya juga dalam pemilahan dan pengolahan sampah.pengganti air mineral kemasan. dll

  • Recycle adalah mengolah kembali (daur ulang) sampah menjadi produk baru yang bermanfaat. Misalnya, membuat tas dari sampah gelas air mineral dll.

 

13. Pokja Bank Sampah

Menerima sampah plastik dan kertas dari warga madrasah untuk kemudian dicatat sebagai tabungan masing-masing… kemudian dari sampah tersebut ada yang di daur ulang dan untuk sampah plastik air mineral, madrasah telah bekerja sama dengan komunitas 3R ”Karya Mandiri” Geneng Jombang untuk nantinya jika sudah terkumpul akan dijual kepada komunitas 3R ”Karya Mandiri” Geneng Jombang

 14. Pokja Kompos

Melakukan usaha pemanfaatan sampah organik madrasah dengan pembuatan pupuk kompos dengan menggunakan mini komposter yang di tanam di taman dan depan kelas, komposter dan jika tidak mencukupi dimasukkan ke lubang barokah untuk dibuat kompos secara tradisional.

 15. Pokja Kantin

Memberikan edukasi tentang makanan, minuman dan jajanan sehat, jenis makanan dan zat berbahaya, mengurangi penggunaan plastik dan penggunaan kemasan yang ramah lingkungan

 16. Pokja 5 K

Bersama-sama dengan warga madrasah bertanggung jawab akan kebersihan dan keindahan madrasah. Selain itu juga bertanggung jawab dalam pengangkutan sampah terpilah di depan masing-masing ruangan ke TPS terpilah.

 17. Pokja Kesenian

Menyiapkan tampilan-tampilan yang berkaitan dengan lingkungan untuk lebih menyemarakkan dan memberikan semangat adiwiyata.

Selain kelompok kerja (Pokja) yang ada, ada beberapa seksi yang ikut andil dalam suksesnya adiwiyata. Antara lain seksi publikasi, seksi dokumentasi, dan warung adiwiyata.

Selain hal-hal yang telah di sebutkan, MTsN 3 Jombang mempunyai Ruang Terbuka Hijau (RTH) sebagai kawasan hijau penghasil oksigen dan penyeimbang alam akan derasnya arus polusi udara.

Pengumuman

Pengumuman Pengambilan Ijazah Tahun Pelajaran 2018/2019

Hasil Seleksi Kelas Unggulan PPDB MTsN 3 Jombang 2019/2020

PENGUMUMAN BAGI CALON PESERTA DIDIK BARU

Lokasi