MTsN 3 Jombang Penyuluhan Anemia Gandeng Puskesmas Tambakrejo

JombangĀ – Dalam komitmennya meningkatkan mutu pendidikan di madrasah, MTsN 3 Tambakberas Jombang bekerjasama dengan Puskesmas Tambakrejo melaksanakan sosialisasi anemia, sabtu (13/04). Seperti telah diketahui, kesehatan juga merupakan faktor utama kesuksesan proses belajar-mengajar.

Ninik Dwi S selaku petugas Puskesmas Tambakrejo menyampaikan, bahwa gejala atau penyakit anemia perlu mendapat perhatian, terutama bagi anak usia remaja. Kekurangan zat besi sebagai salah satu faktor penyebab anemia, bisa berdampak pada aktivitas sehari-hari. Peserta didik akan mengalami hal-hal seperti kurang semangat dalam belajar, bekerja, olahraga, bermain hingga kehilangan konsentrasi.

Kekurangan zat besi, sambung beliau, dapat menyebabkan badan yang letih, lemas, loyo dan kurang bergairah. Usia remaja terutama bagi yang sudah mengalami masa menstruasi wajib mengonsumsi asupan makanan yang mengandung unsur zat besi lebih, dapat pula ditambah mengonsumsi pil tambah darah. Dalam jangka yang panjang, negara akan lebih maju jika pemuda dan pemudinya bebas anemia sehingga lebih kuat, cerdas, beriman dan bertaqwa.

Terakhir beliau berharap, sosialisasi tentang anemia untuk remaja yang nantinya akan dilanjutkan oleh kader UKS MTsN 3 Jombang yang bekerjasama dengan Puskesmas Tambakrejo dapat membawa manfaat dan berkelanjutan. Peserta didik juga dapat menerapkannya dalam keseharian hingga nanti setelah terjun ke masyarakat. (Def)