Perpisahan PPL UIN Maulan Malik Ibrahim Malang Berlangsung Haru

Jombang – Mahasiswa PPL UIN Maulana Malik Ibrahim Malang telah menyelesaikan tugas pengabdian di MTsN 3 Jombang, sabtu (07/04). Acara perpisahan diselenggarakan dengan rangkaian acara serta sambutan dari perwakilan madrasah dan dosen pembimbing PPL dari UIN Maulana Malik Ibrahim Malang.

Dr. H. Nur Ali, M.Pd selaku dosen pembimbing PPL mengaku senang dapat mengunjungi MTsN 3 Jombang, karena beliau merupakan alumni. Melihat perserta didik madrasah seperti melihat anak-anaknya sendiri. Beliau memberi wejangan kepada peserta didik mengenai pentingnya disiplin. Orang hebat dibentuk dari kebiasaan, bukan kepintaran. Orang yang tahan banting juga dibentuk dari kebiasaan. Tawadhu, rajin belajar, dan akhlak yang baik merupakan kebiasaan-kebiasaan yang dapat mengantarkan kepada kesuksesan.

Madrasah mendapat apresiasi baik dari Dr. H. Nur Ali, M.Pd karena peraturan larangan membawa HP ke sekolah berjalan sukses. Peraturan semacam ini sangat penting mengingat HP, TV, merupakan media yang dapat menyebabkan kontaminasi buruk bagi perkembangan pembelajaran peserta didik.

Kepala Madrasah, H. Moch. Syuaib, S.Ag. M.PdI mengucapkan terima kasih kepada UIN Maulana Malik Ibrahim Malang karena selama dua bulan lebih telah mempercayakan PPL kepada MTsN 3 Jombang. Semoga silaturrahim yang telah dibangun dapat terus berkelanjutan. Pihak madrasah bahagia dan bangga mengetahui banyak alumni yang telah berhasil, menjadi ulama, pengusaha, guru besar, salah satu contohnya adalah dosen pembimbing PPL yang merupakan alumni MTsN 3 Jombang dan sudah 20 tahun mengajar di universitas.

Kepala Madrasah juga mengucapkan terima kasih kepada mahasiswa PPL atas kesungguhannya mengabdi di MTsN 3 Jombang. Selama masa pengabdian, tidak ada catatan buruk dari pihak madrasah. Kegiatan-kegiatan madrasah hingga peringatan Harlah Emas telah dibantu dengan sangat baik. Semoga segala amal pengabdian mahasiswa menjadi jariyah. Permohonan maaf disampaikan beliau atas sikap Bapak/Ibu guru yang mungkin dirasa ada yang kurang berkenan.

Terakhir Kepala Madrasah memohon arahan dan bimbingan dari Dr. H. Nur Ali, M.Pd untuk menjadi konsultan dalam pengembangan madrasah. Acara ditutup dengan penyerahan kenang-kenangan dan foto bersama. Peserta didik terlihat terharu karena berat melepaskan kepergian mahasiswa PPL. Doa bersama dilaksanakan sekaligus penutupan perpisahan PPL. (Def)