SEKILAS INFO
: - Minggu, 31-05-2020
  • 2 bulan yang lalu / Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Tahun 2020 sudah dibuka. Silahkan cek di alamat website yang tercantum atau cek di menu PPDB 2020
Profil Pondok Pesantren Bahrul Ulum Tambakberas Jombang

SEJARAH PONDOK PESANTREN BAHRUL ‘ULUM TAMBAKBERAS JOMBANG

PENDAHULUAN

Pondok Pesantren Bahrul UlumTambakberas Jombang, merupakan salah satu pondok pesantren tertua dan terbesar di Jawa Timur yang hingga hari ini masih survivedi tengah kecenderungan kuat sistem pendidikan formal. Dengan kultur dan kesederhanaan yang mandiri serta dekat dengan masyarakat, Pondok Pesantren Bahrul UlumTambakberas Jombang terus melakukan pengembangan dan perubahan seiring dengan dinamika perkembangan dan tuntutan global, dengan tetap mempertahankan nilai-nilai luhur kepesantrenan dan prinsip-prinsip AqidahAhlussunnah Wal-Jama’ah.

 Salah satu upaya yang telah dilakukan di tengah kecenderungan kuat sistem pendidikan formal, PondokPesantren Bahrul UlumTambakberas Jombang hingga saat ini telah mendirikan 18 unit pendidikan formal mulai dari tingkat pra sekolah sampai dengan Perguruan Tinggi. Disamping itu Pondok Pesantren Bahrul Ulum juga menjalin kerjasama dalam bidang pendidikan dengan perguruan tinggi dalam dan luar negeri diantaranya adalah Makkah, Syiria, Al-Azhar Kairo.

Secara struktural Pondok Pesantren Bahrul UlumTambakberas Jombang berada di bawah naungan YayasanPondok Pesantren Bahrul Ulum. Yayasan ini berdiri sejak tahun 1966 melalui Akte Notaris No. 03 Tanggal 06 September 1966 dihadapan Notaris SOEMBONO TJIPTOWIDJOJO dahulu wakil notaris di Mojokerto.

LOKASI DAN SEJARAH PONDOK PESANTREN BAHRUL ULUM

Lokasi

Pondok Pesantren Bahrul UlumTambakberas Jombang, terletak di Dusun Tambakberas, Desa Tambakrejo, Kecamatan Jombang, Kabupaten Jombang, Propinsi Jawa Timur, tepatnya ± 3 km sebelah utara kota Jombang. Pondok Pesantren Bahrul UlumTambakberas Jombang, secara keseluruhan menempati areal tanah ± 10 Ha, dengan sosio kultur religious agraris.

Sejarah Pondok Pesantren Bahrul Ulum

 Periode Rintisan

 Periode Rintisan Pertama (Pondok Selawe / Pondok Telu  1825 M)

Sekitar tahun 1825 di sebuah desa yang jauh dari keramaian kota Jombang, tepatnya di sebelah utara kota Jombang, di Dusun Gedang kelurahan Tambakrejo, datanglah seorang yang ‘alim, pendekar ulama atau ulama pendekar, bernama Abdus Salam namun lebih dikenal dengan panggilan Mbah Shoichah (bentakan yang membuat orang gemetar).Kedatangannya di dusun ini membawa misi untuk menyebarkan agama dan ilmu yang dimilikinya.Menurut silsilah, beliau termasuk keturunan Raja Brawijaya (kerajaan Majapahit).Abdus Salam putra Abdul Jabbar putra Abdul Halim (Pangeran Benowo) putra Abdurrohman (Jaka Tingkir).

 Kedatangan Abdus Salam di desa yang semula masih hutan belantara, kurang lebih 13 tahun dia bergelut dengan semak belukar dan kemudian dijadikan perkampungan yang dihuni oleh komunitas manusia. Setelah berhasil merubah hutan menjadi perkampungan, mulailah ia membuat gubuk tempat ia berdakwah yaitu sebuah pesantren kecil yang terdiri dari sebuah langgar, bilik kecil untuk santri dan tempat tinggal yang sederhana. Pondok pesantren tersebut dikenal oleh masyarakat dengan sebutan Pondok Selawe atau Telu, dikarenakan jumlah santri yang berjumlah 25 orang dan jumlah bangunan yang hanya terdiri 3 lokal beserta mushollanya. Hal ini terjadi pada tahun 1838 M, kondisi tersebut adalah cikal bakal Pondok Pesantren Bahrul Ulum.

Sementara itu menurut versi yang lain istilah 3 (telu) adalah merupakan representasi dari PondokSelawe atau Pondok Telu yang mengembangkan ilmu-ilmu syari’at, hakikat dan kanuragan. Hal itu didasarkan pada manifestasi keilmuan Mbah Shoichah sendiri yang mencakup ketiganya.

Periode Rintisan kedua

Setelah Kyai Shoichah (Abdussalam) berusia lanjut (sepuh: bahasa Jawa), tampuk pimpinan Pondok Selawe atau Pondok Teludiserahkan kepada dua menantunya yang tidak lain adalah santrinya sendiri. Kedua menantunya tersebut adalah Kyai Ustman dan Kyai Sa’id. Dengan mendapat restu dari mertuanya Kyai Ustman dan Kyai Sa’id  menjadikan pondok menjadi dua cabang. Hal ini dikarenakan jumlah santri yang semakin bertambah banyak.Kyai Ustman mengembangkan pondok di Dusun Gedang yang tidak jauh dari pesantren ayah mertuanya yaitu di sebelah Timur sungai pondok pesantren, sedangkan Kyai Sa’id  mengembangkan pesantren di sebelah barat sungai.

Dalam penataan manajemen pendidikan pesantren yang diasuhnya, Kyai Ustman lebih berkonsentrasi mengajarkan ilmu-ilmu Thoriqot atau Tasawuf, sedangkan Kyai Sa’id mengajarkan ilmu-ilmu Syari’at.

Periode Pengembangan

 Periode Pengembangan Pertama

Setelah Kyai Ustman dan Kyai Sa’id wafat, yang meneruskan tampuk pimpinan pesantren adalah Kyai Hasbulloh, putra Kyai Sa’id.Sedangkan pesantren Kyai Ustman tidak ada yang meneruskan karena beliau tidak mempunyai putra laki-laki.Akhirnya sebagian santri Kyai Ustman diboyong oleh menantunya yang bernama Kyai Asy’ari ke Desa Keras yang akhirnya berkembang menjadi pondok pesantren Tebuireng sekarang. Sedangkan sebagian yang lain diboyong ke pesantren sebelah Barat sungai dijadikan satu dibawah pimpinan Kyai Hasbulloh.

 Kyai Hasbulloh adalah seorang yang kaya raya dan dermawan, beliau memiliki tanah pertanian yang sangat luas.Dari hasil pertanian ini beliau banyak memiliki gudang-gudang beras yang menyebar dimana-mana bagaikan tambak.Konon karena hal itu daerah ini disebut Dusun Tambakberas dan pondok pesantren beliau dikenal dengan sebutan Pondok Tambakberas.

 Dibawah pimpinan Kyai Hasbulloh pondok pesantren berkembang sangat pesat, dan guna kelanjutan pondok pesantren yang diasuhnya Kyai Hasbulloh banyak mengirimkan putra-putrinya untuk belajar di pesantren, bahkan putra beliau yang tertua Abdul Wahab, dikirim ke Makkah untuk menuntut ilmu.

Periode Pengembangan Kedua (1914)

Pada tahun 1914 Kyai Abdul Wahab(Putra tertua Kyai Hasbulloh)kembali dari tugas belajarnya di tanah suci Makkah.Sejak saat itu Kyai Abdul Wahab mulai melakukan pembaharuan pondok pesantren Tambakberas.Beliau mengubah sistem pendidikan halaqoh menjadi sistem pendidikan madrasah.Dengan sistem pendidikan madrasah yang dikembangkan, Pondok Pesantren Tambakberasberkembang semakin pesat, dan pada tahun 1915 Kyai Abdul Wahab mendirikan madrasah yang pertama (terletak disebelah barat masjid, sekarang dibangun gedung Yayasan PPBU).Madrasah tersebut diberi namaMadrasah Mubdil Fan.

Pada tahun 1920 Kyai Hasbulloh wafat.Maka pesantren ini dilanjutkan oleh Kyai Abdul Wahab, dengan dibantu oleh kedua adiknya yaitu Kyai Abdul HamiddanKyai Abdurrohimyang juga baru kembali dari studinya di tanah suci Makkah.Dalam penataan manajemen pengelolaannya, Kyai Abdul Hamid lebih berkonsentrasi terhadap pengelolaan pondok, sedangkan Kyai Abdurrohim bertanggungjawabmengelola madrasah.Kyai Abdul Wahab lebih banyak berkiprah dikancah organisasi sosial kemasyarakatan. Salah satu organisasi yang didirikannya adalah kelompok diskusi yang diberi namaTasywirul Afkar yang berpusat di Surabaya pada waktu itu. Dan pada tahun 1926 beliau mendirikan organisasi yang diberi namaNahdlatul Wathon dan pada akhirnya berganti nama menjadi Nahdlatul Ulamayang berkembang sampai sekarang.

Periode Pengembangan Ketiga

Pada tahun 1942 Kyai Abdul Hamid dan Kyai Abdurrohim memanggil keponakannya yang bernama Kyai Abdul Fattah menantu Kyai Bisri Syansuri Denanyar.Sebagai upaya regenerasi, pengelolaan madrasah diserahkan kepada Kyai Abdul Fattah.

Pada tahun 1943 Kyai Abdurrahim wafat, tugas-tugas beliau diteruskan oleh Kyai Abdul Fattah.Dibawah pimpinan Kyai Abdul Fattah, madrasah berkembang lebih baik lagi.Mengingat semakin bertambahnya jumlah santri, Kyai Abdul Fattah mendirikan gedung madrasah di dekat rumahnya yang kemudian oleh Kyai Abdul Wahab, madrasah tersebut diberi namaMadrasah Ibtida’iyyah Islamiyyah (MII) dan kemudian berganti nama Madrasah Ibtida’iyyah (MI). Pada tahun 1944/1945, lahirtlah Madrasah putri yang pertama yang diprakarsai oleh Ny.Hj.R.Mas Wardiyah ( istri K.Abdurrohim).Disamping itu pada tahun 1951 Kyai Abdul Fattah dengan restu Kyai Abdul Wahab, mendirikan pondok pesantren putri Al-Fathimiyyah, serta pada tahun 1956 mendirikan Madrasah Mu’allimin Mu’allimat 4 Tahun.

 Pada tanggal 06 Juni 1956 Kyai Abdul Hamid wafat, maka pengelolaanPondok Pesantren Tambakberas dilanjutkan oleh Kyai Abdul Fattah, sedangkan urusan madrasah diserahkan sepenuhnya kepada Kyai Al-Fatih putra sulung Kyai Abdurrohim. Dibawah pimpinan Kyai Al-Fatih madrasah berkembang semakin pesat, hingga pada tahun 1964, Madrasah Mu’allimin Mu’allimat 4 Tahun ditambah masa studinya menjadi 6 Tahun dan berubah nama menjadi Madrasah Mu’llimin Mu’allimat Atas.

Pada tahun 1965 Kyai Abdul Wahab memberi nama pondokpesantren ini dengan nama Pondok Pesantren Bahrul Ulum. Pada tanggal 29 Desember 1971/ 11 Dzulqo’dah 1391 H. Kyai Abdul Wahab pulang ke rahmatulloh. Pimpinan Pondok Pesantren Bahrul Ulum diteruskan sepenuhnya oleh Kyai Abdul Fattah dengan dibantu oleh para dzurriyah Bani Hasbulloh yang lain.

Pada tahun 1974 Kyai Abdul Fattah mulai merintis Perguruan Tinggi yang diberi namaAl-Ma’had Al-Aly. Pada tahun 1977 Kyai Abdul Fattah wafat.Setelah Kyai Abdul Fattah wafat, tampuk pimpinan Pondok Pesantren Bahrul Ulum, dilanjutkan oleh KH. M. Najib Abd. Wahab,L.MLputra ke tiga Kyai Abdul Wahab. KH. M. Najib Abd. Wahab, L.ML memiliki reputasi cemerlang dalam membawa lembaga Pondok Pesantren Bahrul Ulum pada pentas nasional selain pernah menjabat sebagai Ro’is Syuriah PBNU.Pada tahun 1985 beliau bersama pengasuh yang lain juga menghidupkan Al-Ma’had Al-Aly menjadi Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) dengan menunjuk Drs. KH. Moh. Syamsul Huda As, SH.,M.HI sebagai ketua. Dalam kapasitas sebagai ketua Robithotul Ma’ahid (Asosiasi Pondok Pesantren Nahdlatul Ulama), KH. M. Najib Abd. Wahab.L.ML menyelenggarakan Usbu’ul Ma’ahid (Pekan Pesantren se-JawaTimur), Pondok Induk melalui jalur formal pengurus, juga melalui ro’is khos (ketua komplek), mengamanatkan kepengurusan masjid kepada KH.Moh.Sholeh Abd.Hamid sebagai ketua ta’mirnya, menyelenggarakan pengajian sentral tiap Senin malam Selasa.Hingga pada tahun 1987 KH. M. Najib Abd. Wahab, L.ML pulang ke rahmatulloh.Sejak saat itu Pondok Pesantren Bahrul Ulum diasuh dengan menggunakan sistem kepemimpinan kolektif.

Periode Pengembangan Ke-4 (Kepemimpinan Kolektif )

Seiring dengan perkembangan Pondok Pesantren Bahrul Ulum yang semakin pesat dari tahun ke tahun, baik jumlah santri maupun lembaga-lembaga pendidikan formal yang ada di dalamnya, maka untuk memaksimalkan potensi yang sudah ada  diperlukan suatu manajemen kepemimpinan pondok pesantren yang konstruktif, jelas, terprogram dan terarah. Berangkat dari ide dasar itulah maka kemudian lahir pemikiran untuk membagi manajemen kepemimpinan pondok pesantren menjadi ;

  1. Majelis Pengasuh, yang berfungsi sebagai lembaga legislatif yang memiliki otoritas atau pemegang kebijakan tertinggi.
  2. Pengurus Yayasan, yang berfungsi sebagai eksekutif yang menjalankan semua program pengembangan dan pemberdayaan pendidikan semua lembaga pendidikan yang berada dibawah naungan Yayasan Pondok Pesantren Bahrul Ulum.
  3. Dewan Pengawas, yang berfungsi sebagai yudikatif, yaitu mengawasi, memberikan pertimbangan kepada pengurus yayasan dan memberikan masukan kepada majelis pengasuh. Dibentuknya dewan pengawas dalam struktur manajemen Pondok Pesantren Bahrul Ulum sejak tahun 2002, adalah sebagai konsekuensi diberlakukannya Undang-undang RI. No. 16 Tahun 2001 tentang yayasan.

 Hingga saat ini, sejak kepemimpinan kolektif diterapkan, sudah mengalami dua periode kepemimpinan majelis pengasuh

  1. (Almaghfurlah) KH.M. Sholeh Abdul Hamid, 1987 – 2006

Pada masa kepemimpinan beliau, jabatan Ketua Umum Yayasan PPBU telah mengalami beberapa kali pergantian,  yaitu KH. Ahmad al-Fatich Abdur Rohim 1990 – 1994, Drs. KH.M. Hasib Abdul Wahab 1994 – 1998, Drs. KH. Fadhlulloh Abd. Malik 1998 – 2002, KH. Taufiqurrohman Fattah mulai tahun 2002 sampai sekarang. (beliau menjadi Ketua Umum selama dua periode 2002 – 2006 dan 2006 – 2009).

Pada saat ketua umum yayasan dijabat oleh KH.Ach. Taufiqurrohman Fattah, kemudian dimunculkan Peran Yudikatif (Dewan Pengawas) sebagai konsekuensi diberlakukannya Undang-Undang No 16 tahun 2001 tentang Yayasan, dan sebagai ketuanya adalah Ny.Hj. Mundjidah Wahab dan ketika periode 2006-2009  Dewan Pengawas terdiri dari KH. Fathulloh Abd. Malik, Drs. H.M. Faruq Zawawi M.Ag.,Ny. Hj. Salmah Nasir dan Edi Labib Patriadin.

  1. (Almaghfurlah) Drs. KH. Amanulloh Abdur Rochim 2007-2008

Ketika KH. Muhammad Sholeh Abd.Hamid wafat pada senin malam selasa tanggal 16 Syawal 1427 / 7 November 2006 tampuk pimpinan Majelis Pengasuh dipegang oleh alm.KH.Amanulloh AR. Sedangkan ketua umum yayasan masih dijabat oleh KH.Ach. Taufikurrohman Fattah. Beberapa kebijakan penting yang diambil pada saat KH. Amanulloh AR menjadi ketua majlis adalah diselenggarakannya Pertemuan Alumni Bahrul Ulum tingkat Nasional yang akhirnya membentuk suatu ikatan wadah alumni yang berrnama Ikatan Alumni Bahrul Ulum atau yang disingkat dengan nama IKABU. Selain itu, untuk terus mengharumkan kembali nama Pondok Pesantren Bahrul Ulum di bumi nusantara beliau juga mengadakan Pertemuan Ulama dan Umara se Jawa dan Madura. Satu program besar lain  yang digagas oleh beliau adalah pembangunan gedung serba guna yang direncanakan berfungsi sebagai balai pertemuan maupun sarana olah raga santri santri Bahrul Ulum.  Namun sebelum pembangunan itu sempat terealisir, beliau sudah dipanggil oleh Allah pada 13 November 2007 pada usia 65 tahun, satu tahun persis setelah meninggalnya KH.M. Sholeh Abd.Hamid. Sejak KH. Amanulloh wafat, jabatan ketua majelis pengasuh – sesuai dengan kebijakan yang diambil semua anggota majelis pengasuh – dikosongkan untuk sementara waktu sampai berakhirnya kepengurusan tahun 2009 nanti.Dan untuk menjalankan roda organisasi di Majelis Pengasuh – sesuai dengan mekanisme dan job yang telah ditetapkan – maka untuk pengambilan kebijakan yang berkaitan dengan lembaga pondok pesantren dipegang oleh KH.Abd.Nashir Abd. Fattah,  sedangkan yang berkaitan dengan lembaga pendidikan formal dan hubungan dengan lembaga di luar PPBU dipegang oleh Drs.KH.M. Hasib Wahab, dan sebagai katibnya adalah KH. M. Irfan Sholeh. Adapun anggota majelis pengasuh sebagai berikut : Nyai Hj. Musyarrofah Fattah, Nyai Hj. Machfudhoh, Nyai Hj. Munjidah, Nyai Hj. Churun Ain Malik, Nyai Hj. Chafsoh, Nyai Hj. Zubaidah, Nyai Hj. Muchtaroh, Nyai Hj. Nurfiatin, KH. Ach.Djamaluddin.

Periode Pengembangan Tahun 2009

Pondok Pesantren Bahrul Ulum Tambakberas Jombang, sampai dengan tahun 2014 ini sudah berusia 189 tahun, sedangkan madrasahnya berusia 99 tahun. Diusianya yang jauh melebihi kemerdekaan bangsa ini Pondok Pesantren Bahrul Ulum Tambakberas Jombang, telah berkembang pesat dengan beragam jenis dan jenjang pendidikan. Hingga saat ini Pondok Pesantren Bahrul Ulum memiliki 34 unit asrama pondok pesantren dan 18 unit pendidikan formal dari tingkat Pra Sekolah sampai dengan Perguruan Tinggi, dengan jumlah santri unit pendidikan formal pernah mencapai 7000 orang, yang berasal dari berbagai daerah di penjuru tanah air. Selanjutnya mulai tahun itu pula (2009) melalui MUBES (Musyawarah Besar) Bani KH.Hasbullah Said, yang merupakan forum tertinggi Yayasan PP. Bahrul ‘Ulum disepakatilah estafet kepemimpinan PP. Bahrul ‘Ulum (sepeninggal KH.Amanulloh selaku Ketua Majelis Pengasuh sebelumnya dan KH.Ach.Taufiqurrohman sebagai ketua Yayasan) melalui perudingan dan musyawarah hingga dini hari maka disepakatilah KH.Hasib Wahab sebagai Ketua Majelis Pengasuh Pond.Pest. Bahrul ‘Ulum, KH. M. Irfan Sholeh sebagai Ketua Umum Yayasan Pond.Pest.Bahrul ‘Ulum dan Ny.Hj. Hizbiyyah sebagai Ketua Umum Yayasan Universitas Bahrul Ulum untuk masa khidmat 2009-2013. Adapun nama-nama anggota Majelis Pengasuh sebagai berikut : KH. Nashir Fattah (Wakil Ketua), KH. M. Fadhlullah Malik (Wakil Ketua), KH. M. Djamaluddin Ahmad, KH. M. Sulton A. Hadi, Ny. Hj. Machfudhoh Ali Ubaid, Ny. Hj. Mundjidah Wahab, Ny. Hj. Churun Ain Malik, Ny. Hj. Chafsoh Yahya, Ny. Hj. Muchtaroh, Ny. Hj. Zubaidah dan H. M. Soahul Am NB sebagai Katib. (Thoel@2017)

57 komentar

admin, Sabtu, 30 Mar 2019

Waalaikumussalam,

Mohon maaf Bapak, admin sebelumnya tidak mengetahui pesan dari Bapak. InsyaAllah setelah ini kami akan lebih cepat menanggapi pesan di website. Terimakasih…

Balas

admin, Sabtu, 30 Mar 2019

we’re really sorry for that. the comment just can show up if the system permit to show that up. Hope that be your knowledgeable, Thank you.

Balas

Anonim, Minggu, 28 Apr 2019

Mohon info lebih lanjut jika anak saya mau pindah mondok ke Bahrul Ulum
Saat ini anak saya mau lulus dari Tsanawiyah di salah satu pondok juga
Bagaimana prosedur dan proses nya
Kami tinggal di Tangerang Banten

Terima kasih

Balas

    admin, Senin, 29 Apr 2019

    Untuk mondok, sebaiknya langsung ditanyakan ke pondok yang bersangkutan karena di Bahrul Ulum terdiri dari beberapa asrama (pondok). Silahkan dipilih mau ditempatkan di mana, karena faktor kenyamanan peserta didik sangat penting agar betah mondok. Setelah lulus dari Tsanawiyah di sana, dapat langsung mendaftar di pondok Bahrul Ulum dan mendaftar di salah satu Aliyah di sini. Untuk Aliyah informasi dapat di akses di web masing-masing Aliyah. Terima Kasih

    Balas

Huda, Sabtu, 29 Jun 2019

Bagi lulusan MTsN yang ingin melanjutkan tingkat selanjutnya untuk memperdalam ilmu teknologi informasi bisa bergabung dengan kami smktiannajiyah.sch.id

Balas

Iwan wisnu haji, Rabu, 3 Jul 2019

Anak sy lulus SMP/umum klu masuk pesantren bahrul ulum bisa? Klu bisa masuk di tingkat apa?

Balas

    admin, Rabu, 3 Jul 2019

    Bisa masuk, untuk tingkat SMA boleh mendaftar di Aliyah2 di bawah Yayasan PP Bahrul Ulum. Daftar pondok bisa langsung di pondoknya, nanti akan disesuaikan tingkatannya. Terima Kasih 🙂

    Balas

M Fibran, Sabtu, 27 Jul 2019

Assalamualaikum, ini mau tanya anak saya thn ini mau lulus sdit ada rencana mau mondok atau sekolah smpit klu di pondok tambak beras gmn ya fasilitasnya krn kita tinggal jauh di kalimantan supaya anak kerasan

Balas

    admin, Senin, 29 Jul 2019

    Mohon disertakan alamat email yang aktif agar kami dapat mengirim detailnya. Pagi ini kami sudah mencoba mengirim jawabannya ke email tetapi tidak terkirim karena alamat email panjenengan tidak valid

    Balas

Nur allimi, Sabtu, 3 Agu 2019

Asslmkum,,anak sy pingin mondok srkolah d mtsN tambak beras apa masih menerima siswa baru ,,mohon d blas secepaty

Balas

    admin, Senin, 5 Agu 2019

    Informasi sudah kami kirim via email. Terima Kasih

    Balas

Ika Kartika sari, Senin, 19 Agu 2019

Saya ingin tau berapa biayanya bersih secara keseluruhan pada awal masuk Tsanawiyah..karea insya Allah taun depan hendak mondok..kalo bisa tolong sertakan Poto lingkungan dalam pondok dan kamarnya..karena anak saya ini termasuk yang aktif sekali..sehingga ada sedikit kekhawatiran

Balas

endang rahayu, Senin, 26 Agu 2019

Assalamualaikum, saya ingin tahu perincian biaya untuk masuk pondok pesantren tambak beras tingkat MtsN putri, kami berencana ingin anak kami mondok, trimakasih wassalamualaikum.

Balas

Siti nur kholifah, Jumat, 30 Agu 2019

Assalamualaikum. Saya lulusan sma tahun 2019. Saya inhin melanjutkan mondok di bahrul ulum. Apakah pendaftaran masih dibuka

Balas

Sherly, Rabu, 4 Sep 2019

Assalamualaikum,.. adik saya rencana mau mondok setelh lulus smp.. maksud dari pemilihan asrama itu bagaimana ya.. apa kah berbeda fasilitas atau apa ??? Mohon di balas

Balas

    admin, Kamis, 5 Sep 2019

    Sudah kami kirim email ya balasannya. Terima Kasih

    Balas

Ibu Wara Dijatmika, Rabu, 11 Sep 2019

Assalamualaikum wrwb

Saya berniat untuk memasukkan keponakan ke pondok Bahrul Ulum dan MA Unggulan yang ada di bawah PP Bahrul Ulum. Saat ini anak tersebut kelas 9 dan bersekolah di SMP Swasta di Surabaya. Pertanyaan saya :
1. Kapan dibuka pendaftaran pondok dan MA nya
2. Persyaratan pendaftaran pondok dan MA
3. No telpon dan nama pihak yang bisa saya ajak komunikasi.

Atas balasannya disampaikan terima kasih.

Balas

Suyono, Jumat, 27 Sep 2019

Assalamu’alaikum warohmatullah wabarokatuh

Saya mau masukkan anak saya kepondok Bahrul Ulum. InsyaAllah tahun depan lulus Madrasah Ibtidaiyah. Ingin melanjutkan Madrasah Tsanawiyah di Pondok Bahrul Ulum.
Mohon informasi :

1. Kapan pendaftaran mulai dibuka serta bagaimana cara pendaftarannya.
2. Persyaratan pendaftaran pondok dan MTS
3. Berapa total biaya mulai pendaftaran serta mondok selama setahun
( perbulan )
4. Nomer telpon / WA pihak yang bisa saya ajak komunikasih.

Atas penjelasan serta balasannya ( di alamat EMAIL : yonomabilana@gmail.com ) JAZAKUMULLAH KHOIRON.

Wassalamu’alaikum Warohmatullah Wabarakatuh.

Balas

Mustangin, Rabu, 2 Okt 2019

Assalamu’alaikum warohmatullohi wabarokaatuh

Setelah lulus SMP tahun depan InshaAlloh puteri saya mau melanjutkan mondok di Bahrul
Ulum Tambakberas Jombang.
Kami mohon dibantu informasi perihal jadwal pendaftaran, syarat pendaftaran dan hal-hal lain yang belun kami ketahui.
Demikian kami sampaikan, Atas bantuannya diucapkan terimakasih.

Wassalamu’alaikum warohmatullohi wabarokaatuh.

Balas

Mustangin, Rabu, 2 Okt 2019

Assalamu’alaikum Warohmatullohi wabarokaatuh.

Saya Mustangin dari Ternate Maluku Utara
InshaAlloh putri saya setelah lulus dari SMP tahun depan, berkeinginan mondok di Bahrul’ulum Tambakberas Jombang. Kami mohon info perihal jadwal pendaftaran, persyaratan pendaftaran, cara pendaftaran dll.
Bila berkenan memberi informasi, maka bisa diEmail ke (mustangin46@ymail.com)

Demikian kami sampaikan & atas informasinya diucapkan terimakasih.
wassalamu’alaikum warohmatullohi wabarokaatuh

Balas

Ade Septiana, Senin, 14 Okt 2019

Assalamu’alaikum wrwb…

Saya berencana akan memasukan anak saya ke pondok pesantren Bahrul ulum jenjang Mts inshaAllah tahun dpn anak saya lulus SD . Saya membutuhkan informasi mengenai pondok pesantren Bahrul ulum diantaranya :

1. Kapan pendaftaran murid baru dibuka dan persyaratannya ?

2. Berapa biaya masuk ke pondok pesantren Bahrul ulum dan biaya perbulannya ?

3. Bisa minta no wa yang bisa dihubungi.

Besar harapan saya mendapatkan informasi mengenai pondok pesantren Bahrul ulum .

Terima kasih
Wassalamu’alaikum.

Balas

Ekawati, Jumat, 18 Okt 2019

Assalamualaikum,

Kami berencana memasukkan anak kami ke pondok, mohon untuk semua infonya, baik dari mulai pendaftarran, biaya, asrama putra, pendidikan dll, karena anak saya ini dari SD Muhamadiyah, apakah nantinya akan bisa mengikuti pengajaran di pondok bahrul ulum, mohon info dan solusinya.

Wasalamualaikum

Balas

Siti, Minggu, 20 Okt 2019

Assalamualaikum. Sy berencana memondokkan anak saya.tapi skrg lagi urus surat perpindahan sekolah SMA negri. Apakah masih bisa..dan untuk biaya masuk pondok dan bulananannya berapa ya..terima kasih

Balas

Ulil, Rabu, 20 Nov 2019

Assalamualaikum..
Berapa biaya pendaftaran dan bulanan pondok pesantren tambak beras?
Tolong dibalas

Balas

    admin, Kamis, 21 Nov 2019

    Waalaikumussalam,
    Mohon maaf, akan mendaftar di ribath mana nggih?

    Balas

Bpk aris, Minggu, 8 Des 2019

Untuk biaya mondok perbulan berapa…….?

Balas

    admin, Minggu, 8 Des 2019

    Sudah dibalas via email ya, Terima Kasih

    Balas

Kiki, Minggu, 8 Des 2019

Assalamualaikum
Kami berencana memasukkan ank kami k pondok dari mi mw k mts…mohon info nya pendaftaran,biaya,test masuk,asrama putra ,pendidikannya…
Bisa minta no wa yg bisa dihubungi
Besar harapan kami ank kami bisa masuk k pondok Bahrul ulum.
Terima kasih ,
Mohon d balas

Balas

    admin, Minggu, 8 Des 2019

    Sudah dibalas via email, Terima Kasih

    Balas

Dini, Minggu, 15 Des 2019

Mhon info ..
Sya ingin mendaftarkan putri sya di ponpes ini ..
Untuk pendaftaran 2020-2021 , dmulai kapan ? Serta rincian biaya masuk nya .. mhon dibantu .. trima ksih

Balas

wiwik riyastiningrum, Rabu, 18 Des 2019

Untuk biaya pendaftaran di bahrul ulum thn pelajaran 2020/2021 sampe brp ya

Balas

eka, Minggu, 22 Des 2019

Assalamualaikum,
Kami mau menanyakan ada brp nama pondok pesantren du tambak beras yah?kalau ada beserta rincian bayar nya dan fasilitas nya?
Dan juga nama sekolah mts nya untuk taun ajaran 2020/2021 beserta rincian biaya2 nya.dan di mulai pendaftaran nya tgl brp.terima kasih.

Balas

Abdi Tonglo, Kamis, 26 Des 2019

Assalamu alaikum wr wb,
Anak saya kelas VI SDIT di Sulawesi Tenggara, rencana mau didaftarkan di Ponpes dan SMP/MTs. Tesnya apa harus datang langsung? Mohon informasi prosedur pendaftaran dan biaya?
Terima Kasih …

Balas

Abdul Manaf, Kamis, 26 Des 2019

Assalamualaikum….
Kami berencana memasukkan ank kami ke pesantren bahrul ulum.mhon info untuk biaya pendaftaran,asrama putra&semua biaya pendidikannya.kalau berkenan,saya bisa minta no wa yg bisa dihubungi
Besar hrapan kami agar anak kami bisa menjadi salah satu santri di bahrul ulum…atas perhatiannya,kami ucapkan banyak terimakasih.

Balas

Alip, Kamis, 26 Des 2019

Assalamu’alaikum warohmah

Mohon info untuk biaya pendaftaran mondok di ponpes Bahrul Ulum (putra) tahun pelajaran 2020-2021, serta biaya masuk sekolah umum (MTs) nya nggeh. Trmksh

Wassalamu’alaikum warohmah

Balas

Zulkifli F, Senin, 30 Des 2019

Assalamualaikum Wr Wb
Mau tanya Bpk/ibu, Uztd/Ustzh
Anak saya perempuan kelas 6 SD sekarang, sekolah di kab Lamongan, Anak saya ingin melanjutkan ke MTsN 3 Jombang / MTsN Tambak beras, dan sekalian ingin mondok, mohon informasinya, kapan buka pendaftaran untuk MTsN ?, berapa biaya ? dan mohon informasikan juga tes nya nanti aph saja materinya, terima kasih

Balas

Deky Triariyanto, Minggu, 5 Jan 2020

Assalamualaikum, mohon maaf mau tanya,tahun ini Putri saya Khan lulus MI,mau mondok di Bahrul Ulum,dan rencana di Mts mu’alimin-mu’alimat, persyaratan nya apa ya,dan mondok terdekat PP apa ya terimakasih.waallaikumsalam wr wb

Balas

Unik, Jumat, 10 Jan 2020

Assalamualaikum..minta informasi pendaftaran di mts dan pondok

Balas

Lutfiana, Sabtu, 11 Jan 2020

Assalamualaikum
Dimulai kapan PPDB madrasah mualimin/mualimat tahun 2020-2021

Balas

Nur Ain Hasan, Senin, 13 Jan 2020

Assalamualaikum Wr Wb. Perkenalkan nama saya ibu Nur Ain Tinggal di kota Tomohon Sulawesi Utara. Insya Allah akan memasukkan anak saya (Putra) di Pondok Pesantren Bahrul Ulum dan bersekolah di MTsN Bahrul Ulum Jombang.Mohon info untuk pondok serta sekolah ya pak kira2 kapan mulai di buka pendaftarannya begitu jiga dengan pembiayaannya.Terimakasih sebelumnya.

Balas

Ashari, Senin, 13 Jan 2020

Assalamualaikum, ini mau tanya anak saya thn ini mau lulus Madrasah Ibtidaiyah (MI) ada rencana mau mondok atau sekolah MTs klu di pondok tambak beras gmn ya fasilitasnya krn kita tinggal jauh di Jayapura supaya anak kerasan… Syukron

Balas

Sofya, Selasa, 14 Jan 2020

Assalamualaikum
Di pesantren bu ada yg khusus tahfid ?
Dan klo boleh tau berapa pendaftarannya 2020 ini

Balas

Agus sugiantoro, Rabu, 15 Jan 2020

Assalamu’alaikum wr wb.
Tahun ini anak lulus mi,rencana mau mondok & sekolah d tambak beras mohon info kapan mulai pendaftaran & biaya nya mondok + skolah..
Wassalamu’alaikum wr wb.

Balas

jefry pradana, Sabtu, 18 Jan 2020

Assalamualaikum wrwb
insya allah dgn izin allah jika anak sy lulus SD sy berniat memondokkan di bahrul ulum tambak beras mudah²an allah memberi kemudahan amin

Balas

siti, Selasa, 21 Jan 2020

Utk pendaftaran mts th 2020/2021 sdh dibuka blm? Dan brp biayanya?

Balas

Abd. Rochim, Rabu, 29 Jan 2020

Assalamualaikum…Anak sy saat ini masih mondok di ponpes Alhikmah kediri dan saat ini ingin pindah ke pondok pesantren bahrul ulum..mohon pencerahannya…terimakasih

Sy Abd. Rochim di NTT

Balas

Yayuk khotimah, Jumat, 31 Jan 2020

Assalamualaikum wr.wb.
Bagaimana cara pendaftaran murid baru tingkat SMA ,mohon di bantu no.telpon/Wa yg bisa di hubungi.. terimakasih

Balas

Dwi nuryaningsih, Senin, 3 Feb 2020

Assalamualaikum,mohon infonya apakah di pondok.pesantren tambak beras ini utk laki2/perempuan

Balas

Muhammad Jamilun, Selasa, 4 Feb 2020

Assalamualaikum warahmatullahi wabarokatuh
Mohon maaf sebelumnya mau menanyakan beberapa hal/informasi sbb:
1. Program/kurikulum pesantren
2. Info pendaftaran untuk anak kami yg lulus kelas 6 sd/mi
Demikian terima kasih
Wassalamualaikum warahmatullahi wabarokatuh

Balas

subhn, Rabu, 5 Feb 2020

Assalamualaikum warahmatullahi wa barrokaatuh utsd mohon maaf ganggu waktunya..

kalo buat yang sudah lulus aliyah dan ingin melanjutkan ke jenjang perkuliahan apakah bisa? mondok sambil kuliah? soalnya anak saya sekolah aliyahnya di kabupaten Garut? garut?

Balas

Yuli, Rabu, 5 Feb 2020

Assalamualaikum..
Saya berencana mendaftarkan anak saya ke pondok bahrul ulum yang bagian tahfidz
bagaimana prosedurnya

Balas

Ikvani Anggal Yanuar, Rabu, 4 Mar 2020

Assalamualaikum,saya lulusan Smk 2019 ingin mondok skalian mau kuliah dsitu, tapi tidak tau kondisi ponpes tsb, jadi masih ragu2 karena tempat nya juga jauh, saya dari jateng, mohon infonya

Balas

Anto, Kamis, 5 Mar 2020

Mohon rincian biaya untuk modok dan masuk smp ,anak saya baru mau lulus sd rencana mau mondok disitu.trimakasih

Balas

Mudrikah, Jumat, 6 Mar 2020

Bagaimana cara mendaftar di pesantren tambak beras dengan pendidikan formalnya di man 3 jombang

Balas

Cholilatul zn, Senin, 9 Mar 2020

Assalamu’alaikum saya ingin mondok kan anak saya ke pondok bahrul.ulum anak saya lulus sdit syaratnya bagaimana ya..

Balas

Yoyok, Kamis, 12 Mar 2020

Assalamualaikum Wr Wb
Mau tanya Bpk/ibu, Uztd/Ustzh
Anak saya laki-laki kelas 6 SD sekarang, sekolah di kab pasuruan, Anak saya ingin melanjutkan ke MTsN 3 Jombang / MTsN Tambak beras, dan sekalian ingin mondok, mohon informasinya, kapan buka pendaftaran untuk MTsN ?, berapa biaya ? dan mohon informasikan juga tes nya nanti aph saja materinya, terima kasih

Balas

Adistin, Jumat, 13 Mar 2020

Assalamualaikum… Saya mau tahu rincian biaya mondok krn anak saya mau lulus dr sd n prsyaratn masuk apa aja,

Balas

TINGGALKAN KOMENTAR

Pengumuman

Pengumuman Pengambilan Ijazah Tahun Pelajaran 2018/2019

PENGUMUMAN BAGI CALON PESERTA DIDIK BARU

Lokasi