Program Kelas Unggulan

PROGRAM KELAS UNGGULAN

MTsN 3 Jombang

TAHUN PELAJARAN 2018-2019

MTsN 3 Jombang mempunyai Visi Misi khusus untuk menjadi sebuah lembaga pendidikan yang diharapkan mampu mengantarkan  out put (lulusan) yang sholeh berIMTAQ dan berIPTEK, dalam arti lulusan yang unggul dalam tiga dimensi pendidikan; AGAMA (Kurikulum Kemenag), UMUM plus KEPESANTRENAN  (penguasaan baca tulis Al-Qur’an dan tajwid, praktik ibadah, dan baca Kitab).

Untuk mewujudkan tujuan tersebut, MTsN 3 Jombang memasukkan kurikulum kepesantrenan sebagai MULOK (muatan lokal). MTsN 3 Jombang juga memiliki kelas unggulan. Program kerja kelas unggulan yang disusun oleh tim kurikulum MTsN 3 Jombang adalah sebagai berikut:

Penambahan jam pelajaran

  1. KELAS ICP
  2. Emunas
  3. Kelas Bakat
  4. Pembinaan Baca Kitab
  5. Muhafadhoh B. Arab di Jam 0

Program Penunjang

  1. Excursion
  2. Art Performance
  3. Language Day
  4. Kreativitas Kuliner
  5. Seminar
  6. Bhakti Sosial
  7. OAV (Overseas Academic Visit)
  8. Komputer
  9. Wajib Baca

 

Penambahan Jam Pelajaran

Dalam seminggu kelas unggulan menerima pelajaran tambahan selama 6 hari, yaitu jam ke 9 dan 10 dan berakhir sampai pukul 14.20 WIB. Pelajaran Tambahan tersebut meliputi:

  1. Bahasa Inggris
  2. Matematika Kurikulum Cambridge
  3. Sains
  4. Kitap Kuning
  5. B.Arab
  6. Kuliner
  7. Komputer
  8. Pembiasaan membaca

 

Program tersebut dilaksanakan pada tiap jenjang.

  1. Excursion

Excursion merupakan salah satu pembelajaran inovatif di kelas unggulan yang menitikberatkan pada penelitian lapangan dan pembelajaran langsung. Peserta didik juga dikembangkan dalam kemampuan di bidang menulis. Setelah kegiatan Excursion, peserta didik diwajibkan menyusun laporan hasil observasi dalam bahasa Indonesia serta menceritakan perjalanannya dalam bahasa Inggris (recount text).

Inovasi pembelajaran ini dilakukan agar peserta didik tidak monoton dengan pembelajaran yang hanya dilaksanakan di dalam kelas. Pelaksanaan kegiatan Excursion diharapkan dapat membuka cakrawala pengetahuan peserta didik di dunia luar dengan learning by doing.

Rencana Pelaksanaan Excursion

Kelas Smt WaktuPelaksanaan TempatTujuan Mata Pelajaran
VII I Oktober 2018 BMKG  – Makam Sunan Ampel, Trowulan (Troloyo) Mojokerto, atau Makam Gus Dur IPS, Aswaja
II Februari 2019 Planetarium  atau IALF (Lembaga Bahasa Indonesia – Australia)- Masjid Al-Akbar Surabaya. IPA, IPS, Keagamaan
VIII I Oktober 2018 Museum Tubuh Jatm Park 1 Malang IPA, IPS, KERTAKES
II Februari 2019 Kampung cokelat dan makam Bung Karno IPS, IPA, BahasaInggris
IX I November 2018 Petani Budidaya Bunga dan Sapi Perah IPA, IPS
II Maret 2019 Penelitian Organ Dalam di Jatim Park 2 IPA, IPS

2. Presentasi Excursion

Presentasi excursion dilakukan tiga minggu setelah observasi. Dengan kegiatan ini, diharapkan peserta didik mampu menyampaikan, menganalisis, dan mengevaluasi isi laporan yang telah ditulis. Kegiatan ini bertujuan meminimalisir plagiasi dan melatih peserta didik untuk mempertanggungjawabkan apa yang telah ditulis dalam laporan. Melatih kemampuan bekerja sama, berbagi tugas, dan tanggung jawab.

Presentasi excursion ini dilaksanakan pada jenjang kelas VIII dan IX pada semester genap. Berikut ini rincian kegiatan ujian.

  1. Kelas VIII, peserta didik menyampaikan isi laporan secara lisan dan bergantian.
  2. Kelas IX, peserta didik menyampaikan isi laporan secara lisan dan bergantian dengan dilengkapi slide show presetation

 

3. Evaluasi Mata Pelajaran Ujian Nasional (EMUNAS)

EMUNAS merupakan salah satu cara yang dilakukan secara simultan untuk mempersiapkan peserta didik menghadapi ujian nasional guna memperoleh hasil yang maksimal.Pelaksanaan EMUNAS dilaksanakan tiap para peserta didik Unggulan menyelesaikan materi selama  5 Minggu.

Materi EMUNAS

  • Matematika
  • Bahasa Inggris
  • Bahasa Indonesia
  • IPA Fisika
  • IPA Biologi
  • Speaking dan writingArab dan Inggris

 

Rencana Pelaksanaan EMUNAS 2018/2019

Smstr Kelas Tanggal

 

I VII, VIII, IX Agustus 2018
Oktober 2018
II VII dan VIII Februari – Maret 2019
Mei 2019

4. Art Performance

Art Performance adalah unjuk kreativitas yang disediakan untuk menggali dan menyalurkan serta mengekspresikan bakat dan kreativitas peserta didik di kelas unggulan, dengan menggunakan 3 bahasa ( bahasa Inggris, Bahasa Arab, dan Bahasa Indonesia)

Rencana Pelaksanaan Bulan Desember 2018

Mekanisme Art Performance

  • Diikuti seluruh kelas unggulan mulai dari kelas VII, VIII, dan IX
  • Acara dimulai pukul00 – 13.30
  • Waktu Penampilan setiap kelas / penampilan + 30 menit.
  • Titik tekan penilaian dari penampilan adalah di penggunaan bahasa asing dan keikutsertaan semua warga kelas.

 

5. Pembinaan Bahasa

Dalam rangka pembinaan kemampuan berbahasa Arab dan Inggris. Kelas unggulan melaksanakan beberapa program:

  • Pelaksanaan kursus bahasa Inggris (tiga bulan) untuk kelas VII

Kegiatan ini khusus dilaksanakan oleh peserta didik kelas VII. Madrasah bekerja sama dengan lembaga bimbingan bahasa Inggris. Kegiatan ini dilaksanakan secara intensif selama tiga bulan pertama.

  • Pelaksanaan Jam ke-0

Pembelajaran pada jam ke-0 difokuskan pada pengembangan kosa kata dan kalimat, utamanya, bahasa Arab. Dengan kegiatan ini diharapkan kemampuan berbahasa Arab peserta didik semakin meningkat dan berkembang.

  • Siaran pada saat jam istirahat

Kegiatan ini dilakukan oleh peserta didik secara bergiliran. Siaran dilaksanakan pada jam istirahat. Penyiar berjumlah dua orang dan menyampaikan informasi atau cerita dengan berbahasa Arab dan atau Inggris.

  • Penulisan recount text

Peserta didik dibiasakan menggunakan bahasa Inggris secara aktif (tulis) dengan cara menuliskan/menceritakan perjalanan yang telah dilakukan. Tulisan minimal 2 halaman A4.

  • Pembiasaan berbahasa asing (Arab dan Inggris)

Untuk membentuk kebiasaan dan mengasah kemampuan berbahasa Arab/Inggris, peserta didik dibiasakan menggunakan bahasa Arab dan atau Inggris ketika berada di area sekolah, seperti di kantin, di kantor, dan di kelas.

Selain itu, guru juga menggunakan bahasa Arab dan atau Inggris pada saat membuka dan menutup pelajaran.

  • Language Day

Pelaksanaan hari bahasa bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berbahasa asing.

Pada hari Senin, peserta didik diwajibkan menggunakan bahasa Inggris dalam lingkungan madrasah.

Hari wajib berbahasa arab dilaksanakan pada hari Rabu. Pada hari Sabtu, peserta didik diwajibkan menggunaan Bahasa Daerah (Jawa). Apabila ada peserta didik yang melanggar maka akan berlaku  sanksi.

6. Ujian Bahasa

Kegiatan ini dilakukan untuk mengukur kemampuan berbahasa asing secara aktif maupun pasif. Untuk memotivasi peserta didik agar lebih meningkatkan kemampuan sekaligus mengevaluasi pembinaan yang telah dilakukan. Kegiatan ini dilakukan setiap lima minggu sekali, bersamaan dengan pekan Emunas, meliputi:

  1. Ujian Bahasa Inggris, meliputi speaking dan writing
  2. Ujian Bahasa Arab, meliputi mufrodat dan muhadatsah

 

7. Kreativitas Kuliner

Kreativitas Kuliner merupakan ajang yang disediakan untuk menampilkan hasil kerja peserta didik di bidang Kuliner. Mereka mendemontrasikan ketrampilan yang pernah mereka peroleh dalam pembelajaran kuliner, membuat kue dan aneka kudapan sehat, membuat minuman sehat dan mengolah hasil kebun yang selama ini mereka tanam di lingkungan MTsN 3 Jombang.

Mereka memproduksi dan menjual hasil produknya. Kegiatan ini bertujuan untuk menggali potensi jiwa kewirausahaan/ enterpreneurship yang dimiliki peserta didik, diharapkan peserta didik mampu berwirausaha seperti yang  dilakukan oleh Rosululloh SAW sejak beliau masih muda.

Kreatifitas Kuliner dilaksanakan pada even tertentu, seperti: Lomba Sains SD/MI, kunjungan tamu ke madrasah (Kunjungan Menteri, Gubernur/ Wagub, dsb.) dan Hari Bahasa.

8. Cooking Party

Kreativitas kuliner dengan berbahasa Inggris mulai dari proes perencanaan memaasak, saat masak, pengemasan, penyajian, dan pemasaran dilaksanakan dengan bahasa Inggris, diharapkan dengan metode ini anak-anak terbiasa berbahasa Inggris .

9. Pendalaman Kitab Kuning

Pendalaman kitab kuning merupakan icon kelas unggulan.

Jadwal pembinaan kitab secara intensif adalah sebagai berikut :

Bulan:  September – Oktober – November 2018

No KELAS Hari / Tanggal Waktu Tempat
1 VII Setiap hari Sabtu Jam 9 – 10 Kelas masing – masing
2 VIII September – November 2018 Jam  ke 7-8 Kantor Unggulan
September – November 2018 Jam ke 8
3 IX September – November 2018 Jam ke 7 – 8 Kantor Unggulan

10. ICP (International Class Program)

Perkembangan dunia pendidikan semakin meningkat, baik secara nasional maupun internasional. Hal ini menuntut satuan pendidikan untuk terus berbenah diri. Salah satu upaya yang harus dilakukan adalah mengikuti perkembangan iptek di segala bidang dengan tetap memegang teguh sikap dan perilaku kepesantrenan.

Upaya yang dilakukan oleh MTsN 3 Jombang, khususnya untuk kelas unggulan adalah menyelenggarakan program ICP (Internatuional Class Program) bekerja sama dengan T2EDI (Teacher Training Education Development Institute) Malang. Lembaga inilah yang akan memantau dan memfasilitasi pelaksanaan ujian berstandar internasional (Cambridge) dengan fokus mata pelajaran english, math, dan science.

Peserta didik akan mengikuti kegiatan pembelajaran dengan buku rujukan dan soal-soal berbahasa Inggris. Selain kemampuan memahami materi, peserta didik juga dituntut memiliki kemampuan berbahasa Inggris, baik pasif maupun aktif.

11. Seminar

Kegiatan seminar yang diselenggarakan berkaitan dengan kepribadian dan motivasi. Seminar kepribadian dilaksanakan dengan tujuan menguatkan dan mengembangkan karakter positif sehingga terbentuk peserta didik yang unggul dalam bersikap, bertutur kata, dan bertindak sesuai dengan adab santri. Seminar motivasi diselenggarakan dengan tujuan membangun dan meningkatkan motivasi, khususnya belajar –menuntut ilmu. Dengan penyelenggaraan kegiatan ini diharapkan mampu membentuk peserta didik yang unggul dalam prestasi dan akhlak. Kegiatan ini dilaksanakan sekali dalam setahun.

12.  Bhakti Sosial

Bhakti Sosial adalah kegiatan yang mengajak peserta didik untuk memberikan santunan dan perhatian kepada yang membutuhkan (korban bencana alam, panti asuhan, bersih Mushola, dll). Program  ini bertujuan agar peserta didik mempunyai jiwa penyayang, Peduli sesama, dan mensyukuri nikmat Allah SWT. Pelaksanaan Bhakti sosial adalah sewaktu-waktu apa bila ada bencana alam, atau di jadwal 1 kali dalam setahun untuk masing-masing kelas.