SEKILAS INFO
: - Jumat, 15-01-2021
  • 4 bulan yang lalu / Innalillahi wa Innailaihi raji’un. Telah pulang ke rahmatullah, KH. Chimayatullah Alfatich Pondok Pesantren Al Ghozali Bahrul Ulum Tambakberas Jombang. Semoga Amal ibadah beliau diterima Allah SWT dan diampuni segala khilafnya serta keluarga yang ditinggalkan diberi ketabahan.
SBSN MTsN 3 Jombang PP Bahrul Ulum; Tetap Berprestasi di Tengah Pandemi dan Kepala Madrasah Inspiratif

MTsN 3 Jombang – Dunia pendidikan sedang diguncang bencana. Pandemi Covid19 yang tak kunjung usai memaksa segala sektor masyarakat redup. Di dunia pendidikan formal dan pesantren pun tidak luput terkena imbas pandemi. Segala macam cara telah dilakukan dari belajar daring hingga membatasi pertemuan tatap muka.

MTsN 3 Jombang Pondok Pesantren Bahrul Ulum juga tidak luput dari pengaruh Covid19. Kepala MTsN 3 Jombang, H. Moch. Syuaib, S.ag.,M.PdI. terus berupaya menyuntikkan semangat kepada Tenaga Pendidik dan Kependidikan di MTsN 3 Jombang agar tidak kendor dan tetap memberikan yang terbaik. Berbagai pelatihan pembelajaran daring, pembuatan video pembelajaran, dan pembentukan tim fasilitator pembelajaran daring telah dilaksanakan. Tetapi, di tengah kesulitan ini masih ada hal yang sangat disyukuri pihak Madrasah. Madrasah Tsanawiyah Negeri 3 Jombang (MTsN 3 Jombang)  merupakan salah satu madrasah yang menerima program SBSN (Surat Berharga Syariah Negara) tahun 2019. Program SBSN yang diberikan untuk MTsN 3 Jombang ini merupakan angin segar yang sangat membantu terlaksananya berbagai upaya bertahan di tengah pandemi.

Selain menjadi pusat kegiatan dan pengawasan KBM daring, SBSN telah membawa berkah bagi Madrasah dengan munculnya prestasi-prestasi. Pusat kegiatan yang melahirkan prestasi-prestasi tersebut dilaksanakan di SBSN karena lebih terfasilitasi apalagi di tengah pandemi yang dituntut menjaga protokol kesehatan.

“Pasca penerimaan program SBSN tahun anggaran 2019, MTsN 3 Jombang terus berupaya meraih berbagai prestasi baik di bidang akademik maupun nonakademik.  Ada beberapa prestasi yang telah diraih mulai dari tingkat kabupaten, provinsi, bahkan sampai pada tingkat nasional” tutur Kepala MTsN 3 Jombang , H. Moch. Syuaib, S.ag.,M.PdI. saat ditemui di ruang kerjanya.

“Adapun prestasi-prestasi yang diraih bidang akademik di antaranya adalah juara  I KSMO tahun 2020  Mapel IPS tingkat kabupaten, rangking 9 KSMO tahun 2020 tingkat Jawa Timur; Tim Robotik MTsN 3 Jombang Masuk 9 besar MRC tahun 2020 tingkat Nasional, dan Juara 1 Lomba Menulis Esai Hari guru Tingkat nasional”.

  1. (Juara 1  tingkat Nasional lomba menulis artikel hari guru 17 Desember 2020 atas nama Maryam Ishmah Mumtazah kelas (9I) di MA Unggulan Bustanul Hikmah Lamongan)

2. (Juara 2 Lomba Telling story se Jawa Timur 18 Januari 2020 atas nama Maryam Ishmah Mumtazah (9I) di MAN 2 Pasuruan)

3. Juara II & III Robotik (Soccer, Brick Speed, Recyde Mission) 2020 atas nama Muh. Akbar Afhamin (7B) tingkat Kabupaten di SDI Tebuireng

4. Juara II & III Robotik (Soccer, Brick Speed, Recyde Mission) 2020 atas nama Ramzi Syariful Akbar (7B) tingkat Kabupaten di SDI Tebuireng

5. Penerbitan 5 Buku Antologi Cerpen pilihan lomba yang diadakan oleh beberapa penerbit & komunitas menulis, Ananda Maryam Ishmah Mumtazah (9I)

Judul-judul buku yang telah terbit :

– Coretan Pena
– Thanks Me!
– Seruan Anak Bangsa
– Buku Kecilku, Rahasiaku
– Sampai Berjumpa di Ujung Rindu

6. Juara III Baca Kitab 2020 atas nama Khafidz Nur Hilal (8A) di NU Malang

7. Juara II Bulu Tangkis 2020 atas nama Muhammad Agil Subiyagto (9A) di Pemkab Jombang

8. Juara II Olimpiade Matematika di Singapura

9. Penghargaan Kepala Madrasah Inovatif dari Menteri Agama RI

“Sungguh  sangat membanggakan karena siswa MTs N 3 Jombang bisa meraih prestasi sampai pada tingkat nasional. Dengan kondisi pandemi yang tengah dialami semua khalayak di berbagai bidang termasuk bidang pendidikan.  Walaupun kegiatan pembelajaran berlangsung  secara daring, namun kualitas kegiatan tetap terjaga.  H. Syuaib menyampaikan bahwa MTsN 3 Jombang selalu berupaya mewujudkan visi madrasah “ Terwujudnya madrasah unggul, berakhlaqul karimah, kompetitif, dan peduli lingkungan”.  MTsN 3 Jombang selalu berbenah dan meningkatkan kualitasnya, bukan hanya memperhitungkan kuantitas.

Selain prestasi peserta didik yang telah diraih, pencapaian lainnya telah didapatkan antara lain  keberhasilan melaksanakan Wisuda Online Siswa di gedung SBSN. Wisuda Purna Siswa Online yang dilaksanakan di Gedung SBSN memanfaatkan SBSN sebagai pusat Wisuda Online dengan dihadiri 876 Peserta didik kelas IX dari rumahnya masing-masing. Wisuda dilaksanakan Via Zoom Meeting.

 

“Madrasah kami berupaya menyelaraskan ketiga capaian  dalam pembelajaran yaitu kemampuan bidang afektif, kognitif dan psikomotor.  Sebagai bentuk upaya  MTsN 3 Jombang  agar dapat meraih prestasi baik di bidang akademik dan non akademik, maka ada program inovasi baru yang dimunculkan dan dilaksanakan pada semester genap tahun pelajaran 2020/2021 yaitu program kelas unggulan CIBI yang menitikberatkan prior knowledge sebagai pijakan seleksi siswanya.  Program kelas unggulan CIBI menerapkan konsep “Blended class with coaching tallents” dengan bidikan kemampuan kecerdasan dan bakat istimewa dengan sasaran siswa MTsN 3 Jombang kelas VII”. Pelaksanaan program CIBI juga memanfaatkan gedung SBSN sebagai pusat kegiatannya.

Disamping perhatian fokus untuk prestasi, MTsN 3 Jombang juga selalu memperhatikan dalam hal pembinaan akhlaq siswa juga semua warga madrasah dengan adanya program furudhul ‘ainiyah. Program ini mengarah pada pembiasaan untuk membentuk karakter kepribadian yang berakhlaqul karimah. Berbagai kegiatan kami laksanakan untuk mendukung program tersebut, baik secara daring maupun secara luring.  Alhamdulillah, MTsN 3 Jombang telah memiliki alumni-alumni yang berkualitas, yang mampu menempuh pendidikan lanjutan di kancah nasional maupun kancah internasional antara lain di China, Kairo, Australia, Belanda, dan lain sebagainya.

“Suatu sekolah atau madrasah  dapat dikategorikan memiliki alumni yang bermutu salah satu indikatornya  adalah para alumninya dapat mengharumkan nama almamater baik prestasi akdemik maupun non akademik”.  Dengan adanya para alumni yang mampu melanjutkan studinya di tempat belajar yang sangat berkualitas dan termasyur di dunia, menandakan  bahwa MTsN 3 Jombang selalu berupaya memberikan layanan terbaik untuk seluruh peserta didik. (Def)

 

 

Pengumuman

INFORMASI PMB MTSN 3 JOMBANG 2021/2022

Pengumuman Pengambilan Ijazah Tahun Pelajaran 2018/2019

PENGUMUMAN BAGI CALON PESERTA DIDIK BARU

Lokasi