SEKILAS INFO
: - Minggu, 26-09-2021
  • 7 bulan yang lalu / Pendaftaran Peserta Didik Baru MTs Negeri 3 Jombang Tahun Pelajaran 2021-2022 SUDAH DITUTUP

A. LATAR BELAKANG

Allah subhanahu wata’ala, dalam Al-Qur’an Surat Ali Imran ayat 191 menyatakan dalam ayat-Nya yang berbunyi : Robbana maa kholaqta hadza bathila, subhanaka faqina adzabannar”. Pesan dari ayat ini, bahwa tak satupun ciptaan Allah baik yang ada di langit dan di muka bumi (termasuk manusia) yang tanpa makna. Semua ciptaan-Nya adalah dahsyat, karena Allah tidak pernah gagal dalam mencipta. Semua ciptaan Allah mempunyai nilai manfaat pada tempatnya masing-masing.

Dalam konteks pendidikan, pada tataran pelaksanaannya dilapangan menjadi tanggungjawab pelaksana pendidikan, baik negara, masyarakat dan institusi pendidikan (tenaga pendidik) untuk menerjemahkan ayat tersebut, bahwa semua peserta didik itu mempunyai keunikan kecerdasan dan bakat masing-masing yang super dahsyat jika mampu digali dan didampingi sesuai kecerdasannya. Baik kecerdasan yang berkaitan dengan keilmuan umum dan keilmuan agama. Itulah makna penting ilmu secara terus menerus diberikan oleh tenaga pendidik kepada peserta didik, apapun bentuk ilmu itu jika bermanfaat harus terus dicari dan digali, meski sejauh di negeri China (uthlubil ilma walau bisshin). Mengapa demikian? Karena ilmu adalah kata kunci bagi manusia untuk membuka pintu kesempurnaan baik didunia dan di akhirat (man arodaddunya fa’alaihi bil ilmi wa man arodal akhirota fa’alaihi bil ilmi wa man aroda huma fa’alaihi bil ilmi).

Pasal 5 ayat 4 UU No. 20/2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional menyebutkan bahwa warga negara yang memiliki kecerdasan istimewa dan bakat istimewa berhak memperoleh pendidikan khusus. Perlunya perhatian khusus bagi peserta didik yang memiliki kecerdasan/bakat istimewa (CI+BI), dapat dianggap selaras dengan fungsi utama pendidikan, yaitu mengembangkan potensi peserta didik secara utuh dan optimal. Strategi pendidikan yang ditempuh selama ini bersifat masal memberikan perlakuan standar/rata-rata kepada semua peserta didik, sehingga kurang memperhatikan perbedaan antar peserta didik dalam kecakapan, minat, dan bakatnya. Dengan strategi semacam ini, keunggulan akan muncul secara  acak dan sangat tergantung kepada motivasi belajar peserta didik serta

lingkungan belajar dan mengajarnya. Oleh karena itu perlu dikembangkan keunggulan yang dimiliki oleh peserta didik agar potensi yang dimiliki menjadi prestasi yang unggul.

Peserta didik dengan keunggulan CI+BI (gifted-talented) berbeda dengan dengan Peserta didik pintar (bright/high achiever). Peserta didik pintar tidak bisa dimasukkan ke dalam kelompok gifted-talented karena mereka memiliki karakteristik yang berbeda. Sekalipun mereka juga memiliki tingkat intelegensi yang tinggi, namun kemampuan mereka dalam analisis, abstraksi dan kreativitas tidak se luar biasa anak-anak CI+BI.

Perhatian khusus kepada peserta didik CI+BI selaras dengan fungsi utama pendidikan, yaitu mengembangkan potensi peserta didik secara utuh dan optimal. Pengembangan potensi tersebut memerlukan strategi yang sistematis dan terarah. Tanpa layanan pembinaan yang sistematis terhadap peserta didik yang berpotensi cerdas dan atau bakat istimewa, bangsa Indonesia akan kehilangan kekayaan SDM yang tidak terukur nilainya.

Perhatian khusus tersebut tidak dimaksudkan melakukan diskriminasi, tetapi sesuai dengan kebutuhan dan kondisi peserta didik. Melalui penyelenggaraan pendidikan khusus bagi peserta didik CI+BI, diharapkan potensi-potensi yang selama ini belum dikembangkan secara optimal, akan tumbuh dan menunjukkan kinerja yang baik. Kondisi ini pada gilirannya akan dapat memberi kontribusi terhadap kehormatan dan nama baik bangsa Indonesia di antara bangsa-bangsa lain di dunia.

Menurut Mohammad Zain dalam Milman Yusdi (2010:10) mengartikan kemampuan merupakan kesanggupan, kecakapan, kakuatan kita berusaha dengan diri sendiri. Sedangkan Anggiat M.Sinaga dan Sri Hadiati (2001:34) mendefenisikan kemampuan sebagai suatu dasar seseorang yang berkaitan dengan pelaksanaan pekerjaan secara efektif untuk mencapai suatu keberhasilan.

Kemampuan awal merupakan hasil belajar yang didapat sebelum mendapat kemampuan yang lebih tinggi. Kemampuan awal peserta didik merupakan prasyarat untuk mengikuti pembelajaran sehingga dapat

melaksanakan proses pembelajaran dengan baik. Kemampuan seseorang yang diperoleh dari pelatihan selama hidupnya, dan apa yang dibawa untuk menghadapi suatu pengalaman baru. Menurut Rebber dalam Muhibbin Syah (2006:12). Kemampuan awal juga bisa disebut dengan prior knowledge. prior knowledge merupakan langkah penting di dalam proses belajar, dengan demikian setiap guru perlu mengetahui tingkat prior knowledge yang dimiliki para peserta didik. Dalam proses pemahaman, prior knowledge merupakan faktor utama yang akan mempengaruhi pengalaman belajar bagi para peserta didik.

MTsN 3 Jombang pada tahun 2019 mendapatkan bantuan bangunan berupa asrama terpadu dari SBSN (Surat Berharga Syariah Negara) yang berlantai tiga. Tentunya bangunan tersebut harus jelas pemanfaatannya terutama untuk kegiatan peserta didik MTsN 3 Jombang di bidang akademik maupun bidang non akademik.

Berdasarkan pada gambaran di atas, maka ide mendirikan kelas Program Khusus bagi Peserta Didik dengan kategori Cerdas Istimewa + Bakat Istimewa menjadi sangat penting untuk dilaksanakan di MTsN 3 Jombang pada Tahun Pelajaran 2020-2021, khususnya Madsarah Negeri yang ada di lingkungan Yayasan Pondok Pesantren Bahrul Ulum Tambakberas Jombang, dalam rangka mencetak generasi penerus perjuangan KH. Abdul Wahab Chasbulloh yang cakap dalam bidang kelilmuan umum dan keilmuan agama.

Mengantarkan peserta didik yang mampu berkompetisi dalam prestasi dibidang akademik maupun bidang non akademik dengan instansi lain baik di dalam maupun di luar lingkungan Yayasan Pondok Pesantren Bahrul Ulum Tambakberas Jombang serta untuk menjawab tantangan Kemenag Republik Indonesia dalam hal prestasi peserta didik MTsN 3 Jombang.

 

B.  TUJUAN

Tujuan dilaksanakan Program Kelas Khusus Peserta Didik dengan kategori Cerdas Istimewa + Bakat Istimewa di MTsN 3 Jombang adalah sebagai berikut:

  1. Tujauan Umum

Mencetak alumni MTsN 3 Jombang yang cakap dalam menguasai keilmuan bidang umum dan ilmu agama.

2.  Tujuan Khusus

  • Peserta Didik mempunyai kecakapan dalam bidang sains dan teknologi.
  • Peserta Didik mempunyai kecakapan dalam bidang ilmu agama (kepesantrenan), baik dalam hal menghafal Al-Qur’an, hafal hadits- hadits pendek, fasih dalam membaca, memaknai dan menjelaskan isi kitab pesantren serta dalam bidang Ahlussunah Wal-Jma’ah An-Nahdliyah.
  • Peserta Didik mempunyai kecakapan dalam bidang bahasa, baik bahasa Arab, bahasa Inggris dan bahasa Mandarin.
  • Peserta Didik mempunyai kecakapan dalam bidang Olahraga.
  • Peserta Didik mempunyai kecakapan dalam bidang Seni Budaya, Seni Lukis, Seni Suara dan Ketrampilan.
  • Peserta Didik mempunyai kecakapan dalam bidang Kepemimpinan, Keorganisasian, dan bidang Problem Solving.

 

C. SASARAN PESERTA DIDIK

Sasaran Peserta Didik yang akan masuk dalam Program Khusus CI+BI adalah peserta didik kelas Reguler MTsN 3 Jombang Tahun Pelajaran 2020- 2021 yang mempunyai kriteria sebagai calon peserta didik dalam kategori Cerdas Istimewa + Bakat Istimewa sesuai passion-nya dengan kecakapan dalam bidang kepemimpinan, keorganisasian, dan kemampuan problem solving.

 

D. TARGET CAPAIAN (TAHUN PERTAMA)

a.      Kemampuan Cerdas Istimewa
  • Bidang Saintek

Berikut ini lampiran kegiatan kelas kemampuan Cerdas Istimewa Bidang Saintek:

No. Jenis Kegiatan Pelaksanaan Hasil kegiatan Target Capaian
1. Pembelajaran IT tentang Desain dalam bidang seni rupa, pembuatan

kaligrafi dll.

Tiap minggu 1x Hasil desains Personal skills (Portofolio) berupa poster, kaligrafi, banner.
2. Pembuatan karya ilmiah essay tema “Kemanfaatan tanaman di lingkungan madrasah untuk kesehatan” Tiap satu tahun dua produk Karya Tulis Ilmiah Essay (Berbahasa Inggris/Manda rin) Kerjasama dengan Tim Literasi MTsN 3 Jombang menjadi kompilasi dalam sebuah karya

buku.

3. Pembinaan intensif untuk persiapan kompetisi di berbagai tingkat (Daerah, Provinsi, Nasional dan

Internasional)

Tiap pekan 3x Mengikuti Kompetisi Menjadi Juara

 

  • Bidang Religi

Merupakan salah satu kelas kemampuan Cerdas Istimewa yang mendalami bidang keagamaan. Berikut ini lampiran kegiatan yang dilaksanakan di Bidang Religi:

No. Jenis Kegiatan Pelaksanaan Hasil kegiatan Target Capaian
1. Pembinaan Baca Kitab Satu minggu 4x Pembinaan Interaktif Menjadi Juara
2. Pembinaan MSQ (Musabaqoh Syarhil Qur’an) yang mencakup:

1.    MTQ(Musabaqoh Tartil/Tilawah Qur’an),

2.    MHQ(Musabaqoh Hifdzil Qur’an),

Satu minggu 1x Pembinaan Interaktif Menjadi Juara
3. Pembinaan intensif untuk persiapan kompetisi di berbagai tingkat (Daerah, Provinsi, Nasional dan Internasional)

beberapa cabang lomba yang bisa

Kondisional Pembinaan Rutin Menjadi Juara
diikuti:

1.       MTQ(Musabaqoh Tartil/Tilawah Qur’an)

2.       MHQ(Musabaqoh Hifdzil Qur’an)

3.       MQK(Musabaqoh Qiroatul Kutub)

4. Pembinaan dan persiapan Munaqosah September 2020- Mei

2021

Talent Performance Akhir tahun ajaran

 

b.      Kemampuan Bakat Istimewa
  • Bidang Olahraga

Merupakan salah satu kelas pembinaan Bakat Istimewa yang mendalami bidang Olahraga. Berikut ini lampiran kegiatan yang dilaksanakan di Bidang Olahraga:

No. Jenis Kegiatan Pelaksanaan Hasil kegiatan Target Capaian
1. Pembinaan dan pelatihan keterampilan

olahraga harian

Kondisional Pembinaan Rutin Menjadi Juara
2. Pembinaan intensif untuk persiapan kompetisi di berbagai tingkat (Daerah,

Provinsi, Nasional dan Internasional)

Kondisional Pembinaan Rutin Menjadi Juara
  • Bidang Seni

Merupakan salah satu kelas pembinaan Bakat Istimewa yang mendalami bidang Seni. Berikut ini lampiran kegiatan yang dilaksanakan di Bidang Seni:

No. Jenis Kegiatan Pelaksanaan Hasil kegiatan Target Capaian
1. Pembinaan dan pelatihan untuk membuat karya seni terbaik (seni gambar, seni mewarnai, seni

lukis, kaligrafi)

Satu Minggu 4x Pembinaan Rutin Menjadi Juara
2. Pembinaan dan pelatihan untuk membuat karya seni digital (penggunaan aplikasi canva,

medibag)

Satu Minggu 1x Pembinaan Rutin Menjadi Juara
3. Pembinaan intensif untuk persiapan kompetisi di berbagai tingkat (Daerah, Provinsi, Nasional dan Internasional) Beberapa bidang yang bisa diikuti:

1.       Lomba

Mewarnai

2.       Lomba Desain Digital

3.       Lomba Kaligrafi

Kondisional Mengikuti kompetisi Menjadi Juara
  • Bidang Bahasa

Merupakan salah satu kelas pembinaan Bakat Istimewa yang mendalami bidang Bahasa Asing (Bahasa Inggris, Bahasa Arab, Bahasa Mandarin). Berikut ini lampiran kegiatan yang dilaksanakan di Bidang Bahasa:

No. Jenis Kegiatan Pelaksanaan Hasil kegiatan Target Capaian
1. Pembinaan dan pelatihan keterampilan

berbahasa asing (Inggris dan Arab)

Satu Minggu 4x Pembinaan Rutin Menjadi Juara
2. Pembinaan dan pelatihan broadcasting melalui program B2B (Bilingual roadcaster) Satu Minggu 1x –    Program M3TV-

Edukasi

–    Channel Youtube                  CIBI MTsN             3

Jombang

Menjadi Juara
3. Pembinaan Jurnalistik melalui penulisan essay

tematik mingguan

Satu Minggu 1x Portofollio mingguan Kerjasama dengan Tim Literasi MTsN 3

Jombang

4. Pembinaan intensif

untuk persiapan

Kondisional Mengikuti

kompetisi

Menjadi Juara
kompetisi di berbagai tingkat (Daerah, Provinsi, Nasional dan Internasional) Beberapa bidang yang bisa diikuti:

1.    Lomba Pidato Bahasa Inggris/ Arab

2.    Lomba Baca Berita

3.    Lomba Story telling, Baca cipta puisi.

Keterangan: Tahun Ke dua dan ke-tiga mengikuti perkembangan proses yang telah dilaksanakan.

 

E. INDIKATOR KEBERHASILAN (Dalam Tahun ke-1)

    1. Bidang Saintek
      • Peserta didik mampu membuat karya tulis peserta didik (Essay)
      • Peserta didik menguasai kemampuan IT untuk diimplementasikan dalam membuat desain bidang seni rupa, kaligrafi, poster
      • Menjadi juara dalam kompetisi minimal tingkat Kabupaten
  1. Bidang Orseni
    • Peserta didik bisa menjadi juara tingkat regional, nasional, dan internasional dalam bidang atletik/ catur/tenis meja/bulu tangkis/pencak silat/karate.
    • Peserta didik bisa menjadi juara tingkat tingkat regional, nasional, dan internasional dalam bidang MTQ/ Kaligrafi/Desain grafis/ Singer/ Cipta dan Baca
  1. Bidang Bahasa
    • Peserta didik bisa menjadi juara tingkat regional, nasional, dan internasional dalam bidang
    • Peserta didik mampu menghasilkan karya sebuah buku bidang jurnalistik berbahasa Inggris, arab, dan
    • Peserta didik mampu perform dalam bidang broadcasting
  1. Bidang Religi
    • Peserta didik bisa menjadi juara tingkat regional/nasional/ dan atau internasional dalam Tahfidzul Qur’an, dan PAI/Fahmil Qur’an.
    • Peserta didik mampu mendemonstrasikan baca kitab
    • Peserta didik mampu menghafal lima juz dengan tahsin.
    • Peserta didik mampu menghafal matan hadits Arba’in Nawawi.

 

F. PENANGGUNGJAWAB PELAKSANAAN

STRUKTUR ORGANISASI
PROGRAM KELAS CERDAS ISTIMEWA/BAKAT ISTIMEWA
MTsN 3 JOMBANG PP BAHRUL ULUM TAMBAKBERAS
TAHUN PELAJARAN 2020-2021
Penasehat : KH. Abd. Wahab, S.PdI
Dra. Hj. Zumrotus Sholichah, M.Pd.
H. Abd. Hakim, S.Ag.
Fauzia Muniatun, S.H.
Iid Wahiduddin
Konsultan : Dr. H. Nur Ali Rahman
Asy’ary, M. Pd
H. Muhammad Masrul, S.Ag., M.Pd.I
Dr. Luluk Syarifatul Husniah, S. Pd. M. Pd
Penanggung Jawab : H. Moch. Syu’aib, S.Ag., M.Pd.I
P. Jawab Pelaksana : Adatul Istiqomah, S.Ag.,
M.MPd. Koordinator : Mukhlas Ubaidillah, S.P
Sekretaris : M. Sunandar, M. Pd.
Wakil Sekretaris : Prima Novia Yuni, S. Pd.
Staf Administrasi : Rahna Mahesi Retnani, S.Hum.
Bendahara : Nurul Fitria Hidayati, S.Pd.
PJ. Bidang Saintek : Suciati, S.Pd. (Wali Kelas Saintek PA)
PJ. Bidang Bahasa : Ana Masfu’atul Wardah, S.E.Sy (Wali Kelas Religi PI)
PJ. Bidang Religi : Hj. Imadul Ummah, S.Pd.I. M.Pd.I
PJ. Orseni : Abd. Majid, S.Pd. (Wali Kelas Religi PA)
Staf.Lab & IT : Ifa Nailil Ummiyah, S.Si. (Wali Kelas Saintek PI)
Staf. Umum : M. Rizki Putra Pradana
Guru Piket : Fitra Amalia, S.Pd. (PI)
Roby Zulianto, S.Pd. (PA)
Guru BP/BK : Hj. Dwi Ajuni LCHM, S.Pd.
Perlengkapan : Vendik Indarmanto, S. Pd & Tim
Recepsionis : Aida Fitria Fatimah Azzahra, S.Pd.
Keamanan : Ali Mansur

Pengumuman

Pendaftaran Peserta Didik Baru (PPDB) MTsN 3 Jombang Tahun Pelajaran 2021/2022

INFORMASI PMB MTSN 3 JOMBANG 2021/2022

Pengumuman Pengambilan Ijazah Tahun Pelajaran 2018/2019