SEKILAS INFO
: - Minggu, 26-09-2021
  • 7 bulan yang lalu / Pendaftaran Peserta Didik Baru MTs Negeri 3 Jombang Tahun Pelajaran 2021-2022 SUDAH DITUTUP
  1. Pembinaan Bahasa

Dalam rangka pembinaan kemampuan berbahasa Arab dan Inggris. Kelas unggulan melaksanakan beberapa program.

  • Pelaksanaan kursus bahasa Inggris (tiga bulan) untuk kelas VII

Kegiatan ini khusus dilaksanakan oleh peserta didik kelas VII dimaksudkan untuk membekali peserta didik baru dalam penguasaan ketrampilan berbicara, menulis, membaca dan mendengarkan Bahasa Inggris. Dalam mencapai tujuan ini madrasah bekerja sama dengan lembaga bimbingan bahasa Inggris. Kegiatan ini dilaksanakan secara intensif selama tiga bulan pertama.

  • Pembinaan Berbicara Bahasa (Jam ke-0 Amsilati)

Kegiatan ini difokuskan pada pengembangan ilmu alat/metode Amtsilati. Dengan kegiatan ini, diharapkan peserta didik mempunyai dasar yang kuat untuk membaca kitab kuning.

  • Siaran radio madrasah (Broadcasting)

Kegiatan ini dilakukan oleh peserta didik secara bergiliran. Siaran radio sekolah/madrasah dilaksanakan pada jam istirahat. Penyiar berjumlah dua orang dan menyampaikan informasi atau cerita dengan berbahasa Arab dan atau Inggris.

  • Penulisan recount text

Peserta didik dibiasakan menggunakan bahasa Inggris secara aktif (tulis) dengan cara menuliskan/menceritakan perjalanan yang telah dilakukan. Tulisan minimal 2 halaman A4.

  • Pembiasaan berbahasa asing (Arab dan Inggris)

Untuk mengasah kemampuan berbahasa Arab/Inggris, peserta didik dibiasakan menggunakan bahasa Arab dan atau Inggris ketika berada di area sekolah, seperti di kantin, di kantor, di kelas dan guru-guru di madrasah.

Selain itu, guru juga menggunakan bahasa Arab dan atau Inggris pada saat membuka dan menutup pelajaran.

  • Language Day

Pelaksanaan hari bahasa bertujuan untuk menempuh dan meningkatkan kemampuan berbahasa asing. Pada hari Senin, Selasa peserta didik diwajibkan menggunakan bahasa Ingggris dimanapun ia berada. Sedangkan hari wajib berbahasa arab dilaksanakan pada hari Rabu dan Kamis. Pada hari Sabtu, peserta didik diwajibkan menggunaan Bahasa Daerah (Jawa Krama Inggil), dan Ahad berbahasa Indonesia.

 

  1. Jam Belajar Tambahan

Tambahan belajar dimaksudkan untuk mempertajam pengetahuan. Kegiatan ini dilakukan setelah pemberlajaran jam 1 – 8. Dengan demikian, kegiatan ini dilaksanakan pada jam 9 – 10. Dalam seminggu, peserta didik menerima 12 jam pelajaran tambahan (@ 60 menit). Kegiatan ini dimulai pukul 13.20 sampai 14.20.

Kegiatan jam tambahan meliputi mata pelajaran Ujian Nasional (Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika, dan IPA), Bahasa Arab, Baca Kitab, Kuliner, dan Komputer. Ada perbedaan paket mata pelajaran yang diberikan untuk masing-masing jenjang.

Jenjang/

Kelas

Paket Mata Pelajaran Tambahan
VII 1.    Bahasa Inggris intensif 3 bulan pertama (conversation)bekerja sama dengan lembaga pembinaan bahasa Inggris (FEE Center, Pare Kediri)

2.    Bahasa Inggris

3.    IPA

4.    Matematika

5.    Baca kitab

6.    Bahasa Arab

7.    Kelas Bakat

VIII 1.    IPA

2.    Matematika

3.    Bahasa Inggris

4.    Bahasa Arab

5.    Baca Kitab (dua kali per minggu)

6.    Kelas Bakat

IX 1.    Bahasa Indonesia

2.    Bahasa Inggris

3.    IPA

4.    Matematika

5.    Bahasa Arab

6.    Baca Kitab

 

3. Evaluasi Mata Pelajaran Umum (EMUM)

Pelaksanaan kegiatan Emum bertujuan sebagai evaluasi hasil belajar sekaligus  untuk memberikan bekal dan pengalaman kepada peserta didik dalam menyelesaikan dan mengerjakan soal-soal sesuai dengan standar kelulusan Ujian Madrasah sesuai dengan jenjang kelas dan tingkat kesulitannya. Dengan penyelenggaraan kegiatan ini, diharapkan peserta didik dapat mencapai nilai maksaimal dalam Ujian Madrasah.

Materi/mata pelajaran yang di-emunas-kan adalah Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, dan IPA. Kegiatan ini dilaksanakan setiap usai lima minggu pelaksanaan jam tambaan 9 – 10.

 

4. Ujian Bahasa

Kegiatan ini dilakukan untuk mengukur kemampuan berbahasa asing secara aktif maupun pasif. Selain itu juga untuk memotivasi peserta didik untuk lebih meningkatkan kemampuan sekaligus mengevaluasi pembinaan yang telah dilakukan. Kegiatan ini dilakukan setiap lima minggu sekali, bersamaan dengan pekan emum. Kegiatan ini meliputi (1) ujian Bahasa Inggris, speaking dan writing, dan (2) ujian Bahasa Arab, meliputi mufrodat dan muhadatsah.

 

5. Excursion

Excursion merupakan program yang bertujuan untuk memberikan pengalaman observasi secara langsung di lapangan. Kegiatan ini dilakukan dengan cara mengunjungi tempat tertentu dengan menggali unsur edukatifnya.

Melalui kegiatan ini, peserta didik belajar mencari dan menemukan data sederhana, kemudian mengolah data, dan melaporkan data yang berhubungan dengan hal tersebut. Hal ini bertujuan untuk mengembangkan kemampuan peserta didik dalam bidang menulis, yakni menulis laporan dalam bahasa Indonesia dan recount text dalam bahasa Inggris. Kemampuan peserta didik dalam berbicara juga dilatih, yakni dengan mewawancarai narasumber yang ada di lokasi tujuan observasi. Dalam kegiatan ini peserta didik dipandu dengan lembar observasi agar kegiatan observasi lebih terarah.

Kegiatan ini dilaksanakan sekali pada tiap semester. Berdasarkan evaluasi pada pelaksanaan yang serupa tahun sebelumnya, maka ada ada perubahan lokasi/tujuan kegiatan excursion. Rincian tujuan/lokasi excursion tahun pelajaran 2018/2019 tersaji dalam tabel berikut.

No.

Kelas Semester

Tujuan

1 VII Ganjil BMKG, Surabaya
Genap Museum Loka Jala Crana dan Planetarium, Surabaya
2 VIII Ganjil IALF atau Balai Bahasa, Surabaya
Genap Museum Mojopahit, Trowulan Mojokerto dan

PT Sinar Sosro, Mojosari Mojokerto

3 IX Ganjil Jatim Park 2, Batu
Genap Wisata Edukasi Pertanian Bunga, Batu

 

6. Ujian Lisan Laporan Excursion

Ujian lisan laporan excursion merupakan rangkaian program excursion. Kegiatan ini dilakukan tiga minggu setelah observasi dilakukan. Dengan kegiatan ini, diharapkan peserta didik memiliki kemampuan menyampaikan, menganalisis, dan mengevaluasi isi laporan yang telah ditulis.

Hal ini bertujuan untuk meminimalisir plagiasi dan melatih peserta didik untuk mempertanggungjawabkan apa yang telah ditulis dalam laporan. Selain itu, juga melatihkan kemampuan bekerja sama dan berbagi tugas serta tanggung jawab karena pembuatan laporan dan ujian dilaksanakan secara berkelompok.

Ujian ini dilaksanakan pada jenjang kelas VIII dan IX. Karena padatnya kegiatan pada semester genap, ujian lisan kelas IX dilaksanakan pada semester ganjil.Ujian untuk kelas VIII dilaksanakan pada semester genap. Aturan pelaksanaan untuk masing-masing jenjang adalah sebagai berikut :

  1. Kelas VIII, peserta didik menyampaikan isi laporan secara lisan dan bergantian kemudian menjawab pertanyaan dari penguji. Selanjutnya, laporan direvisi sesuai dengan saran dan kritik dari penguji.
  2. Kelas IX, peserta didik menyampaikan isi laporan secara lisan dan bergantian dengan dilengkapi slide show presetationkemudian menjawab pertanyaan dari penguji. Selanjutnya, laporan direvisi sesuai dengan saran dan kritik dari penguji.

 

7. Art Performance

Art Performance adalah suatu ajang atau wadah yang disediakan untuk menggali dan menyalurkan serta mengekspresikan bakat dan kreativitas peserta didik di kelas unggulan, dengan menggunakan 2 bahasa (Inggris dan Arab). Kegiatan ini dilaksanakan setahun sekali, pada awal semester genap. Semua anggota kelas harus berpartisipasi secara aktif. Pemenang akan mendapatkan piala bergilir.

Art Performance diikuti seluruh kelas unggulan mulai dari kelas VII, VIII, dan IX. Semua anggota kelas harus berpartisipasi secara aktif. Waktu yang disediakan untuk tampilan tiap kelas adalah 30 menit.

 

8. Unjuk Kreativitas Kuliner

Unjuk kreativitas kuliner adalah merupakan ajang/wadah yang disediakan untuk menampilkan hasil kerja/hasil karya peserta didik di bidang Kuliner. Mereka mendemontrasikan keterampilan yang sudah pernah mereka peroleh dalam pembelajaran kuliner, seperti membuat kue dan aneka kudapan sehat, membuat minuman sehat dan mengolah hasil kebun.

Disamping mengolah/memproduksi, mereka juga menjual produk. Hal ini bertujuan untuk menggali potensi jiwa kewirausahaan/entrepreneurship yang dimiliki peserta didik. Dengan demikian, peserta didik memiliki kemampuan berwira usaha seperti yang dilakukan oleh Rosululloh SAW sejak beliau masih muda.

Unjuk Kreatifitas Kuliner dilaksanakan pada even-even tertentu ketika Madrasah menyelenggarakan acara, seperti lomba Sains SD/MI, kunjungan madrasah (Kunjungan Menteri/Gubernur/pejabat lainnya).Unjuk Kreatifitas Kuliner diadakan sedikitnya 2 kali dalam setahun.

 

9. Wajib Baca

Program wajib baca bertujuan membentuk kebiasaan gemar membaca. Dalam program ini, peserta didik diwajibkan membaca buku minimal 10 judul dalam satu semester dengan genre buku yang bervariasi. Dengan demikian, diharapkan dalam satu tahun peserta didik membaca minimal 20 buku untuk menambah wawasan.

Hasil dari kegiatan ini adalah rangkuman isi buku. Selain itu, peserta didik juga menentukan pelajaran/hikmah/ilmu yang diperoleh dari buku yang telah dibaca. Hasil rangkuman tersebut kemudian diperiksakan kepada guru Bahasa Indonesia di masing-masing kelas.

 

10. Kelas Bakat

Pelaksanaan kegiatan kelas bakat ini bertujuan untuk memberikan fasilitas berupa pembinaan dalam mengembangkan bakat dan minat peserta didik kelas unggulan. Kegiatan ini dikhususkan untuk peserta didik yang memiliki kemampuan tertentu seperti qiroah, pidato, kaligrafi, atau yang lainnya.

 

11. Kelas Peminatan

Kelas peminatan merupakan kelas yang dipilih oleh peserta didik sesuai dengan kebutuhan/keinginannya. Kelas peminatan yang diselenggarakan oleh kelas unggulan MTsN 3 jombang ini adalah kelas kelas Tahfidzul Quran, Kaligrafi, Meronce, MTQ, Pidato Bahasa Inggris, Komputer dan kelas Kuliner. Melalui angket, peserta didik memilih sala satu kelas tersebut. Kegiatan ini dilaksanakan dengan jadwal khusus.

 

12. ICP (International Class Program)

Perkembangan dunia pendidikan semakin meningkat, baik secara nasional maupun internasional. Hal ini menuntut praktisi pendidikan untuk terus berbenah diri. Salah satu upaya yang harus dilakukan adalah mengikuti perkembanganiptek di segala bidang dengan tetap memegang teguh sikap dan perilaku kepesantrenan.

Upaya yang dilakukan oleh MTsN 3 Jombang, khususnya untuk kelas unggulan adalah menyelenggarakan program ICP (Internatuional Class Program) bekerja sama dengan T2EDI (Teacher Training Education Development Institute) Malang. Lembaga inilah yang akan memantau dan memfasilitasi pelaksanaan ujian berstandar internasional (Cambridge) dengan fokus mata pelajaran english, math, dan science.

Peserta didik akan mengikuti kegiatan pembelajaran dengan buku rujukan dan soal-soal berbahasa Inggris. Selain kemampuan memahami materi, peserta didik juga dituntut memiliki kemampuan berbahasa Inggris, baik pasif maupun aktif.

 

13. OAV (Overseas Academic Visit)

Program ini diikuti oleh peserta didik yang lolos seleksi. Dalam program ini, peserta didik diajak untuk melakukan lawatan ke luar negeri, Singapura dan Malaysia. Peserta didik belajar budaya asing sekaligus mengenalkan budaya nusantara dan pesantren. Peserta didik diajak untuk menikmati kegiatan pembelajaran di sana sehingga menambah cakrawala kegiatan belajar mengajar di luar negeri. Peserta didik juga melaporkan kegiatan tersebut secara tertulis dalam bahasa Inggris.

 

14. Seminar

Kegiatan seminar yang diselenggarakan berkaitan dengan kepribadian dan motivasi. Seminar kepribadian dilaksanakan dengan tujuan menguatkan dan mengembangkan karakter positif sehingga terbentuk peserta didik yang unggul dalam bersikap, bertutur kata, dan bertindak sesuai dengan adab santri. Seminar motivasi diselenggarakan dengan tujuan membangun dan meningkatkan motivasi, khususnya belajar –menuntut ilmu. Dengan penyelenggaraan kegiatan ini diharapkan mampu membentuk peserta didik yang unggul dalam prestasi dan akhlak. Kegiatan ini dilaksanakan sekali dalam setahun.

 

15. Bakti Sosial

Bakti sosialadalah kegiatan yang mengajak peserta didik untuk memberikan santunan dan perhatian  kepada yang membutuhkan (korban bencana alam, panti asuhan, bersih mushola, dll). Program ini bertujuan agar peserta didik mempunyai jiwa penyayang, peduli sesama, dan mensyukuri nikmat Allah SWT. Pelaksanaan Bhakti sosial adalah sewaktu-waktu apabila ada bencana alam dan atau terjadwal sekali dalam setahun untuk masing-masing kelas.

 

16. Pembinaan Akhlaq, Sholat, Ibadah yammiyah dan Fiqih keseharian.

Pembinaan Akhlaq, Sholat, Ibadah yaummiyah dan Fiqih keseharian dimaksudkan untuk memperbaiki dan memberi wawasan tentang etika pergaulan, ibadah keseharian dan fiqih tingkat dasar dengan materi yang diambilkan dari ta’limul muta’allim, tasirul kholaq dan fatqul qorib yang dikemas dalam bentuk kultum.

 

Pengumuman

Pendaftaran Peserta Didik Baru (PPDB) MTsN 3 Jombang Tahun Pelajaran 2021/2022

INFORMASI PMB MTSN 3 JOMBANG 2021/2022

Pengumuman Pengambilan Ijazah Tahun Pelajaran 2018/2019