SEKILAS INFO
: - Minggu, 26-09-2021
  • 7 bulan yang lalu / Pendaftaran Peserta Didik Baru MTs Negeri 3 Jombang Tahun Pelajaran 2021-2022 SUDAH DITUTUP

A.      STRUKTUR KURIKULUM

Struktur kurikulum yang diterapkan adalah gabungan antara Kurikulum Kementerian Agama, Muatan Lokal Pesantren dan Pengayaan dalam bidang Bakat dan Minat peserta didik. Dalam muatan mata pelajaran umum mengacu pada Permendikbud No. 37 Tahun 2018 tentang perubahan Perkemendikbud No. 24 Tahun 2016 tentan kompetensi inti dan kompetensi dasar pelajaran pada kurikulum 2013npada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah.

Sedangkan untuk mata pelajaran agama mengacu pada KMA No. 183 Tahun 2019 tentang kurikulum Pendidikan Agama Islam (PAI) dan Bahasa Arab di Madrasah serta muatan lokal kepesantrenan.

B. KEGIATAN   PEMBELAJARAN

Peserta didik CIBI diseleksi berdasarkan kemampuan dalam Kecerdasan/ Cerdas istimewa (CI) bidang pengetahuan umum yang dikelompokkan dalam kelas Saintek dan kecerdasan dalam bidang pengetahuan agama yang dikelompokkan dalam kelas Religi. Kelas CIBI ini menerapkan blended class dengan bidik bakat yaitu mengoptimalkan bakat peserta didik dalam kemampuan Saintek, Religi, Olahraga, Bahasa, dan Seni. Kegiatan pembelajaran di kelas CIBI dikemas dalam dua jenis, yaitu:

  1. E-Learning

a. Sinkronus online

Pembelajaran sinkron maksudnya peserta didik dan pendidik/guru berada di waktu yang sama, berlangsung secara langsung namun menggunakan media  alat  konferen   web.   Contoh e-learning sinkron adalah obrolan online dan konferensi video. Setiap alat pembelajaran real- time, seperti pesan instan yang memungkinkan peserta didik dan guru untuk bertanya    dan    menjawab    pertanyaan    dengan    segera,    Dalam    hal    ini pembelajaran dikondisikan secara virtual dengan memafaatkan google meet. Dalam kegiatan ini peserta didik dapat secara langsung menyampaikan pertanyaan dan guru secara instan dapat menjawab pertanyaan yang disampaikan oleh peserta didik.

Secara keseluruhan, pembelajaran yang sinkron memungkinkan peserta didik dan guru untuk berpartisipasi dan belajar secara langsung dan untuk terlibat dalam diskusi langsung. Karena peserta didik berada di zona waktu yang berbeda, mungkin sulit untuk mengatur sesi sinkronisasi yang nyaman untuk setiap peserta didik. Oleh karena itu, ini adalah salah satu kelemahan dari pembelajaran sinkron.

Manfaat utama pembelajaran sinkron adalah bahwa hal ini memungkinkan peserta didik menghindari perasaan terisolasi karena mereka berkomunikasi dengan orang lain selama proses belajar. Namun, pembelajaran sinkron tidak begitu fleksibel dalam hal waktu karena peserta didik harus menyisihkan slot waktu tertentu untuk menghadiri sesi pengajaran langsung pada waktu yang sebenarnya (real-time). Jadi mungkin tidak ideal bagi para pendidik yang sudah memiliki jadwal sibuk.

b. Asinkronus

Pembelajaran asinkron di sisi lain bisa dilakukan bahkan saat peserta didik atau guru sedang offline (tidak aktif). Komunikasi yang disampaikan melalui web, email dan pesan yang diposting di forum komunitas adalah contoh sempurna dari e-learning asinkron. Dalam kasus ini, peserta didik biasanya akan menyelesaikan pelajaran mereka sendiri dan sekadar menggunakan internet sebagai alat pendukung, bukannya menjelajah secara online hanya untuk kelas interaktif.

Seorang peserta didik mampu mengikuti kurikulum dengan kecepatan mereka sendiri tanpa harus khawatir tentang masalah penjadwalan. Ini mungkin merupakan pilihan sempurna bagi pengguna yang senang bersantai dalam setiap rencana pelajaran dalam kurikulum, dan lebih memilih untuk mencari topik sendiri. Namun, bagi mereka yang kurang memiliki motivasi untuk mengerjakan tugas sendiri mungkin merasa tidak mendapat manfaat signifikan dari pembelajaran asinkron. Pembelajaran asinkron juga dapat menyebabkan perasaan terisolasi, karena tidak ada lingkungan pendidikan/pembelajaran interaktif yang nyata. Idealnya, pembelajaran online atau e-learning yang efektif harus mencakup kedua kegiatan pembelajaran asinkron dan sinkron. Hal ini memungkinkan peserta didik dan guru mendapatkan manfaat dari berbagai format penyampaian terlepas dari jadwal atau metode pembelajaran yang mereka sukai. Pendekatan ini menyediakan akses bantuan segera bagi peserta didik jika dibutuhkan, sambil tetap memberi respon dari pertanyaan yang disampaikan.

c. Tatap Muka

Kegiatan pembelajaran ini dilaksanakan secara langsung melalui tatap muka dengan tempat dan waktu yang telah ditentukan. Adapaun untuk kegiatan pembelajaran CIBI dilaksanakan di gedung SBSN dengan ketentuan waktu sebagai berikut:

Jam ke- Waktu Keterangan
1 07.20 – 08.00 WIB Satu jp = 40 menit
2 08.00 – 08.40 WIB  
3 08.40 – 09.20 WIB  
4 09.20 – 10.00 WIB  
WAKTUNYA ISTIRAHAT 10.00 – 10.20 WIB
Jam ke- Waktu Keterangan
5 10.20 – 11.00 WIB  
6 11.00 – 11.40 WIB  
7 11.40 – 12.20 WIB  
8 12.20 – 13.00 WIB  
WAKTUNYA SHOLAT DHUHUR 13.00 – 13.20 WIB
9-10 13.20 – 14.20 WIB Talents Coaching (Moving Class)

 

C. AGENDA KEGIATAN

No. Jenis Kegiatan Tujuan Kegiatan Waktu
1. Menyepakati Struktur pelaksana CIBI Finalisasi Struktur CIBI 10 Agustus 2020
2. Membangun kesepakatan antar

Tim tentang Grand Desain Konsep Kelas CIBI

Memastikan konsep

model Kelas Khusus CIBI

10 Agustus 2020
3. Menyepakati Rencana Kerja (Kegiatan apa saja yang akan dilakukan dalam rangka

merangkai isi materi Proposal Konsep Kelas CIBI)?

Memastikan tahapan rencana kerja tanggal 10 s/d 12 Agustus

2020

10 Agustus 2020
4. Kompilasi Materi Profil CIBI (Apa saja materi yang akan dimasukkan dalam Buku Konsep

Kelas CIBI yang akan dipaparkan di depan Pimpinan)?

Finalisasi Konsep Bahan Ajar dan Kurikulum kelas CIBI 12 Agustus 2020
5. Penyusunan Proposal Konsep Materi CIBI Menyiapkan materi konsep CIBI untuk dipresentasikan didepan Kepala Madrasah dan

Komite

10 – 12 Agustus

2020

6. Pelaksanaan Acara Orientasi Program CIBI dengan Pimpinan, Waka dan Komite Madrasah

(Forum kesepakatan bersama tentang Konsep Kelas CIBI, antara Tim CIBI, Kepala Madrasah &

Jajaran Pimpinan, serta Perwakilan Komite Madrasah)

Menyepakati arah program CIBI 13 Agustus 2020
7. Penyusunan Profile Lengkap Kelas Khusus CIBI Sebagai sumber

informasi tentang CIBI

15 Agustus 2020
8. Penyusunan Pengumuman Profile Kelas CIBI untuk disebar ke Calon Wali Murid Orang tua mendapatkan informasi secara jelas

tentang CIBI

16 Agustus 2020
9. Mengomunikasikan kepada calon wali peserta didik Memberi tahu bahwa putra/putrinya memenuhi kriteria calon peserta didik

CIBI

16 Agustus 2020
TAHAPAN PELAKSANAAN TES
10. Pelaksanaan Test penerimaan calon peserta didik baru Untuk mendapatkan calon peserta didik CIBI sesuai dengan kriteria yang telah

ditetapkan.

18 – 26 Agustus

2020

11. Penilaian hasil Tes peserta didik Untuk memperoleh hasil seleksi calon peserta CIBI secara

optimal

27 – 30 Agustus

2020

12. Pengumuman Peserta Didik Kelas CIBI Menginformasikan hasil seleksi peserta

didik CIBI

31 Agustus 2020
14 Persiapan Pelaksanaan Kegiatan Belajar Mengajar Kelas CIBI (Jadwal, Guru, kelas, ruang guru,

ruang Sekretariat, dll)

Kegiatan pembelajaran CIBI berjalan secara

efektif dan efisien.

1 – 3 September

2020

15 Pelaksanaan Kegiatan Belajar Mengajar Kelas CIBI Kegiatan pembelajaran terlaksana sesuai

dengan jadwal yang telah ditetapkan

5 September 2020

Pengumuman

Pendaftaran Peserta Didik Baru (PPDB) MTsN 3 Jombang Tahun Pelajaran 2021/2022

INFORMASI PMB MTSN 3 JOMBANG 2021/2022

Pengumuman Pengambilan Ijazah Tahun Pelajaran 2018/2019