SEKILAS INFO
: - Senin, 18-10-2021
  • 8 bulan yang lalu / Pendaftaran Peserta Didik Baru MTs Negeri 3 Jombang Tahun Pelajaran 2021-2022 SUDAH DITUTUP
Pelaksanaan ANBK di MTsN 3 Jombang Berjalan Lancar

MTsN 3 Jombang – Pelaksanaan ANBK (Asesmen Nasional Berbasis Komputer) di MTsN 3 Jombang berjalan dengan lancar. Acara yang dibuka secara resmi oleh Kepala MTsN 3 Jombang Bapak H. Moch. Syuaib, S.Ag., M.Pd.I., dilaksanakan mulai tanggal 4 sampai 5 Oktober 2021.

 

 

Asesmen Nasional itu sendiri adalah program penilaian terhadap mutu setiap sekolah, madrasah, dan program kesetaraan pada jenjang dasar dan menengah. Mutu satuan pendidikan dinilai berdasarkan hasil belajar murid yang mendasar (literasi, numerasi, dan karakter) serta kualitas proses belajar-mengajar dan iklim satuan pendidikan yang mendukung pembelajaran. Informasi-informasi tersebut diperoleh dari tiga instrumen utama, yaitu Asesmen Kompetensi Minimum (AKM), Survei Karakter, dan Survei Lingkungan Belajar.

 

 

Penentuan peserta pun langsung dari pusat. Yakni 45 siswa dan 5 siswa cadangan. Pelaksanan asesmen pun dilakukan dalam 1 sesi di MTsN 3 Jombang, yakni pukul 07.30 – 09.40 WIB.

Pada hari pertama pelaksanaan peserta harus mengerjakan 10 soal latihan, literasi membaca selama 90 menit, dan survey karakter selama 30 menit. Sementara pada hari kedua, peserta harus mengerjakan 10 soal latihan, numerasi selama 90 menit, dan survey lingkungan belajar selama 30 menit.

“Hari pertama sempat terjadi masalah jaringan lambat karena asesmen ini dilaksanakan secara nasional. Namun, hari kedua sudah lancar dan berjalan dengan baik.” Kata Bapak Mukhlas Ubaidillah, S.P. selaku Ketua Panitia Pelaksanaan ANBK di MTsN 3 Jombang.

Sementara itu, para guru MTsN 3 Jombang yang terdaftar pada Emis dan Dapodik turut serta mengisi Survey Lingkungan Belajar. Madrasah memfalitasi pengisian survey diruangan yang telah disediakan komputer dan terhubung dengan internet.

 

Asesmen Nasional perlu dilakukan untuk meningkatkan mutu pendidikan. Asesmen ini dirancang untuk menghasilkan informasi akurat untuk memperbaiki kualitas belajar-mengajar, yang pada gilirannya akan meningkatkan hasil belajar murid.

Pengumuman

Pendaftaran Peserta Didik Baru (PPDB) MTsN 3 Jombang Tahun Pelajaran 2021/2022

INFORMASI PMB MTSN 3 JOMBANG 2021/2022

Pengumuman Pengambilan Ijazah Tahun Pelajaran 2018/2019