SEKILAS INFO
: - Jumat, 17-05-2024
  • 1 bulan yang lalu / Pendaftaran Peserta Didik Baru MTs Negeri 3 Jombang PP Bahrul Ulum Tahun Pelajaran 2024-2025 SUDAH DITUTUP
Pelaksanaan ANBK (Asesmen Nasional Berbasis Komputer) MTsN 3 Jombang PP Bahrul Ulum Tambakberas Tahun Pelajaran 2023/2024 Berjalan Lancar

Jombang, 19 September 2023 – MTsN 3 Jombang sukses melaksanakan Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) pada tanggal 18-19 September 2023. Kegiatan ini berlangsung selama dua hari dengan diikuti oleh peserta utama sebanyak 45 orang, dan peserta cadangan sebanyak 5 orang.

Pelaksanaan ANBK di MTsN 3 Jombang berjalan dengan sangat lancar dan tanpa kendala berarti. Seluruh siswa juga hadir tepat waktu, menunjukkan tingkat kesiapan yang tinggi. Moda pelaksanaan ANBK dilakukan secara full online, tanpa sesi, dimulai dari pukul 07.30 WIB hingga 09.40 WIB. Proses ini dilaksanakan di tiga ruang kelas yang telah disulap menjadi ruang yang lengkap dengan segala fasilitas memadai untuk mendukung pelaksanaan ANBK.

Namun, pada gladi bersih yang dilaksanakan pada tanggal 11-12 September, terdapat kendala teknis pada hari kedua, yaitu terputusnya server pusat. Tim teknis segera mengatasi masalah ini untuk memastikan kelancaran pelaksanaan ANBK pada hari-H.

Pada hari pertama ANBK, yaitu tanggal 18 September 2023, Kepala KanKemenag Jombang, Muhajir, turut datang untuk melakukan monitoring pelaksanaan ANBK. Beliau melakukan tinjauan terhadap hasil ANBK tahun sebelumnya dan berharap agar hasil ANBK tahun ini dapat mengalami peningkatan yang signifikan.

Rohmatun Inayah, selaku ketua panitia pelaksanaan ANBK di MTsN 3 Jombang, menyampaikan tujuan dari pelaksanaan ANBK diantaranya adalah:

Meningkatkan Kualitas Belajar Mengajar

ANBK diharapkan dapat meningkatkan kualitas belajar mengajar. Dengan adanya ANBK, para pendidik dapat mengetahui area mana yang perlu ditingkatkan untuk memperbaiki kualitas belajar mengajar. Hasilnya, diharapkan siswa dapat mencapai hasil belajar yang maksimal.

Meningkatkan Kemampuan Literasi

ANBK bertujuan untuk meningkatkan kemampuan literasi peserta. Melalui ANBK, tingkat kemampuan literasi membaca setiap peserta dapat diukur dengan akurat. Hasil ini akan menjadi evaluasi untuk meningkatkan kemampuan literasi masing-masing peserta.

Meningkatkan Kemampuan Numerasi

ANBK juga bertujuan untuk meningkatkan kemampuan numerasi peserta. Dengan menggunakan ANBK, kemampuan numerasi setiap peserta dapat diukur secara objektif. Hasilnya akan menjadi landasan untuk meningkatkan kemampuan numerasi peserta.

Menganalisis Karakter

ANBK juga dimaksudkan untuk melakukan analisis karakter peserta didik. Dengan menggunakan ANBK, hasil belajar social-emosional masing-masing peserta dapat dianalisis secara komprehensif. Analisis karakter ini diukur berdasarkan beberapa aspek profil belajar pancasila.

Pelaksanaan ANBK di MTsN 3 Jombang tahun ini diharapkan akan memberikan kontribusi positif terhadap peningkatan mutu pendidikan dan meningkatkan fasilitas penunjang belajar mengajar di madrasah ini. Hasil dari asesmen ini akan menjadi dasar untuk pengembangan kurikulum dan strategi pembelajaran yang lebih efektif di masa mendatang. (hms)

TINGGALKAN KOMENTAR

55 views

Pengumuman

PENDAFTARAN PESERTA DIDIK BARU (PPDB) MTSN 3 JOMBANG TAHUN PELAJARAN 2024/2025

PENDAFTARAN PESERTA DIDIK BARU (PPDB) MTSN 3 JOMBANG TAHUN PELAJARAN 2023/2024

PENDAFTARAN PESERTA DIDIK BARU (PPDB) MTSN 3 JOMBANG TAHUN PELAJARAN 2022/2023