SEKILAS INFO
: - Jumat, 23-02-2024
  • 1 bulan yang lalu / Pendaftaran Peserta Didik Baru MTs Negeri 3 Jombang PP Bahrul Ulum Tahun Pelajaran 2024-2025 DIBUKA secara Online dan Offline tanggal 31 Januari s.d. 29 Februari 2024 Segera daftarkan diri kalian melalui link berikut http://ppdb.mtsntambakberas.sch.id/formulir/
  • 6 bulan yang lalu / Keberhasilan Siswa MTsN 3 Jombang Meraih Juara 3 dalam Ajang Musabaqah Qiroatil Kutub (MQK) di Ponpes An-Nur Malang   Prestasi gemilang kembali diukir oleh Gilang Pratama Maulana Ibrahim siswa  MTsN 3 Jombang dalam ajang Musabaqah Qiroatil Kutub (MQK) tingkat Provinsi Jawa Timur yang diselenggarakan oleh OSMANA 5 dalam rangka HARLAH Ponpes An-Nur 2 “Al-Murtadlo” ke-44...
Audit Kinerja Penyelenggaraan Madrasah Unggulan Akademik MTsN 3 Jombang oleh Inspektorat Jenderal Kementerian Agama

Kabupaten Jombang (MTsN 3 Jombang) – Audit kinerja penyelenggara madrasah unggulan telah berlangsung di MTs Negeri 3 Jombang. Pelaksanaan audit selama 7 hari dimulai sejak hari Senin(17/10) hingga Jumat(21/10).

Tim auditor langsung dari Inspektorat Jenderal Kementerian Agama Republik Indonesia yang terdiri dari Pengendali Teknis Erma Agustini, Ketua Tim Ade Sugianto dan 3 orang anggota tim yaitu Ahmad Adi Nugroho, Jumhadi dan Muh Taqiyudin.

 

 

Sesuai yang tercantum dalam surat tugas bahwa audit diselenggarakan dalam rangka menilai keberhasilan pelaksanaan program madrasah unggulan di lingkungan Kementerian Agama. Materi audit dilaksanakan menyeluruh dari aspek perencanaan program, pelaksanaan, dan hasil atau ketercapaian program, serta evaluasi dan tindak lanjut dari keseluruhan program yang ada.

Kegiatan diawali dengan Entry Meeting pada Senin (17/10) di Aula Gedung KH. Wahab Chasbullah MTsN 3 Jombang Pondok Pesantren Bahrul Ulum Tambakberas Jombang. Kegiatan Entry Meeting merupakan bentuk komunikasi pemeriksaan yang bertujuan untuk menjalin komunikasi awal antara tim pemeriksa (auditor) dengan entitas yang diperiksa serta mewujudkan kesamaan persepsi terhadap pelaksanaan pemeriksaan.

 

 

Dalam sambutan pengantarnya, Kepala MTs Negeri 3, Muhammad Masrul menyampaikan ucapan  selamat datang dan selamat bekerja kepada tim audit. Masrul berharap audit ini akan menghasilkan temuan dan rekomendasi yang tepat bagi perbaikan dan peningkatan kualitas madrasah pada umumnya, serta bagi MTsN 3 khususnya.

“Kedatangan dan pemberitahuan yang mendadak, serta banyaknya kegiatan yang sedang berjalan, termasuk pergantian jabatan Kepala Madrasah di MTsN 3 Jombang semoga tidak mengurangi kesiapan dan semangat kami dalam melayani kegiatan audit ini,” kata Muhammad Masrul.

 

 

Sementara itu dari Tim Pengendali Teknis Audit Kinerja, Erma Agustini menyampaikan bahwa audit difokuskan pada pelaksanaan dan dokumen tahun anggaran 2021.

“Kami mengaudit perencanaan, pelaksanaan, dan hasil serta evaluasi yang sudah berjalan di tahun 2021. Jadi dokumen apa adanya yang sudah ada, tidak perlu membuat-buat dokumen yang memang tidak ada atau belum ada,” tegas Erma.

Segenap warga MTsN 3 Jombang bahu-membahu, bersinergi memberikan pelayanan terbaik saat proses audit berlangsung, baik saat pemeriksaan berkas, wawancara, maupun pemeriksaan lapangan. Tim audit mengecek seluruh laporan keuangan, laporan capaian hasil  kinerja, serta laporan administrasi guru dan tendik. Berdasarkan hasil pemeriksaan Tim Audit memberikan catatan dan rekomendasi untuk peningkatan kinerja madrasah yang lebih maksimal. Sebelum sesi berakhir tim audit menyerahkan hasil kinerja kepada Kepala Madrasah sebagai bahan tindak lanjut evaluasi kinerja.

 

 

Setelah Exit Meeting, Kepala Madrasah mengucapkan rasa syukur dan terima kasih kepada segenap warga MTsN 3 Jombang yang telah semaksimal mungkin menyiapkan data, dokumen, dan segala sesuatu yang diperlukan untuk mendukung pelaksanaan audit. “Alhamdulillah, audit kinerja madrasah unggulan telah selesai dan memperoleh nilai dengan kategori berhasil. Segala catatan hasil audit harus segera ditindaklanjuti dan diperbaiki. Semoga ke depan akan lebih baik lagi,” harap Masrul. (maanf)

TINGGALKAN KOMENTAR

62 views

Pengumuman

PENDAFTARAN PESERTA DIDIK BARU (PPDB) MTSN 3 JOMBANG TAHUN PELAJARAN 2024/2025

PENDAFTARAN PESERTA DIDIK BARU (PPDB) MTSN 3 JOMBANG TAHUN PELAJARAN 2023/2024

PENDAFTARAN PESERTA DIDIK BARU (PPDB) MTSN 3 JOMBANG TAHUN PELAJARAN 2022/2023