SEKILAS INFO
: - Minggu, 29-01-2023
  • 1 bulan yang lalu / Pendaftaran Peserta Didik Baru MTs Negeri 3 Jombang Tahun Pelajaran 2023-2024 DIBUKA secara online tanggal 15 Februari s.d. 16 Maret 2023 Segera daftarkan diri kalian melalui link berikut http://ppdb.mtsntambakberas.sch.id/formulir/
MTsN 3 Jombang Adakan PAS dan SAS Berbasis CBT pertama kali di tingkat MTsN se Kabupaten Jombang

Kabupaten Jombang (MTsN 3 Jombang) – Madrasah Tsanawiyah Negeri 3 Jombang mengadakan kegiatan Penilaian Akhir Semester (PAS) dan Sumatif Akhir Semester (SAS) Berbasis Computer Based Test (CBT), Selasa (10/12). Kegiatan ini pertama kali dilakukan oleh MTsN 3 Jombang dan juga menjadi awal penerapan PAS dan SAS berbasis CBT di tingkat MTsN se Kabupaten Jombang.

Jika tahun sebelumnya PAS dilaksanakan berbasis tertulis menggunakan kertas, pada tahun ini MTsN 3 Jombang melakukan program CBT untuk seluruh mata pelajaran dengan pembagian sesi. Sesi pertama dimulai pukul 07.00-09.30 diperuntukkan bagi kelas 7 dan 8, sedangkan sesi kedua dimulai pukul 10.00-12.20 ini diperuntukkan bagi kelas 9.

Pelaksanaan ujian yang dimulai dari tanggal 29 November 2022 sampai dengan 10 Desember 2022 ini, dikerjakan melalui ponsel maupun laptop masing-masing siswa yang sekitar satu bulan sebelumnya sudah dikumpulkan ke madrasah. Pengumpulan perangkat untuk ujian ini dilakukan karena mayoritas siswa MTsN 3 Jombang merupakan santri Pondok Pesantren Bahrul Ulum Tambakberas Jombang yang tidak menggunakan ponsel selama di pondok maupun di madrasah. Penyerahan ponsel ke madrasah dilakukan langsung oleh wali siswa untuk menghindari penyalahgunaan ponsel oleh siswa.

Pelaksanaan PAS dan SAS pada hari pertama secara umum berjalan dengan lancar meskipun ada sedikit kendala seperti jaringan yang kurang stabil, ponsel siswa bermasalah, dan lain-lain. Namun berkat kerjasama tim panitia dan teknisi, kendala-kendala tersebut dapat diatasi hingga ujian hari pertama selesai.

Muhammad Masrul, Plt.Kepala MTsN 3 Jombang pada saat simulasi berpesan kepada para panitia, pengawas dan teknisi agar PAS dan SAS yang dilaksanakan secara tatap muka ini tetap mematuhi protokol kesehatan. Masrul juga berpesan agar peserta yang mengalami kendala supaya dibantu dan diarahkan agar semua peserta bisa melaksanakan ujian dengan lancar.

Rohmatun Inayah selaku ketua panitia PAS dan SAS membenarkan bahwa sesuai pemantauan yang dilakukan oleh teknisi melalui monitoring CBT. “Semua peserta sudah bisa mengakses soal ujian dan mengerjakan di perangkat masing-masing dengan cara login ke akun masing-masing dengan menggunakan user id dan password yang terdapat pada kartu peserta yang sudah dibagikan oleh panitia”, ucapnya.

Pada hari kedua (30/11/22) pelakasanaan PAS dan SAS, Yayasan PP Bahrul Ulum Tambakberas Jombang melakukan monitoring terhadap kegiatan PAS dan SAS yang berlangsung. Wafiyul Ahdi selaku Ketua Umum Yayasan langsung mengecek kesiapan baik panitia, pengawas, siswa, dan juga perangkat yang digunakan di masing-masing ruangan.

Bersama pihak madrasah, Wafiyul Ahdi berkeliling ke kelas kelas. Ia juga memastikan soal PAS dan SAS CBT ini bisa diakses semua oleh peserta ujian dengan baik.

Wafiyul Ahdi menyatakan secara keseluruhan pelaksanaan PAS dan SAS di MTsN 3 Jombang berlangsung baik dan lancar.  Ia berharap seluruh siswa yang mengikuti ujian ini mendapatkan hasil terbaik.

TINGGALKAN KOMENTAR

13 views

Pengumuman

PENDAFTARAN PESERTA DIDIK BARU (PPDB) MTSN 3 JOMBANG TAHUN PELAJARAN 2023/2024

PENDAFTARAN PESERTA DIDIK BARU (PPDB) MTSN 3 JOMBANG TAHUN PELAJARAN 2022/2023

Pendaftaran Peserta Didik Baru (PPDB) MTsN 3 Jombang Tahun Pelajaran 2021/2022